CARA MEMBUAT TIPAT CANTOK KHAS BALI DENPASAR


Resep Tipat Cantok Khas Bali Sederhana Spesial Asli Enak. Tipat cantok adalah makanan kuliner tradisional khas bali yang hampir mirip dengan gado gado dengan bumbu yang sedikit berbeda dan percaya atau tidak rasanya lebih enak dari bumbu resep gado gado betawi menurut saya sih. Banyak sih penjual warung tipat cantok di Denpasar, Bali untuk lebih jelasnya akan dibahas dibawah ini.

Foto Resep Tipat Cantok Khas Bali Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Tipat Cantok Khas Bali

Tipat cantok adalah Tipat sama dengan ketupat atau ketipat atau lontong. Cantok berarti ulek makanan yang terdiri dari potongan-potongan kecil ketupat (biasanya dalam satu suapan) dengan berbagai sayuran rebus. Sayuran yang paling umum adalah kangkung, kecambah, kacang panjang, kecipir, dan banyak lagi. Beberapa makanan yang ditambahkan seperti potongan-potongan kecil tahu goreng. Semua bahan dicampur dengan saus kacang tanah. Saus inilah yang diulek hingga halus dan ditambahkan air hingga menjadi adonan saus kacang kental, dan dari proses pengulekan (nyantok;bali) inilah nama tipat cantoh datang.

Saus kacang biasanya ditambahkan dengan garam, bawang putih, bawang merah goreng, cabai untuk sentuhan panas, petis (silahkan meminta tanpa petis untuk yang vegetarian), gula kelapa dengan sedikit perasan jeruk limau, sehingga rasa dan bau akan segar.

Tipat cantok disajikan di atas piring dengan sendok dan garpu, ditaburi dengan bawang goreng, kacang mentik (kacang merah goreng, yang hampir tumbuh menjadi kecambah) dan di beberapa tempat juga dilengkapi dengan taluh pindang atau telur yang direbus dengan garam dan beberapa rempah-rempah. Minumannya Resep Es Daluman si cincau hijau akan bertambah lengkap dan komplit nikmatnya.

Tipat cantok belumlah sepopuler gado gado belum go nasional apalagi go internasional. Di Bali sendiri padahal sudah populer alias terkenal tidak sulit menemukan makanan ini di warung-warung tradisional banyak ibu-ibu yang menjualnya, bahkan kini sudah terdaftar sebagai menu cafe restoran. Macam-macam jenis tipat di Bali, ada tipat plecing, tipat tahu, tipat sayur, tipat kuah, dll. Nah untuk mencari makanan ini di kota-kota lain di Indonesia pasti sangatlah sulit tapi tenang Anda bisa bikin sendiri di rumah dengan resep dibawah ini. Berikut kumpulan aneka resepi tipat cantok sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha di kota-kota Anda.





RESEP TIPAT CANTOK


BAHAN :
  • Ketupat/tipat/lontong
  • Sayur rebus seperti : kol, buncis, kacang panjang, toge dan kangkung
  • Kacang tanah yang sudah digoreng
  • Tahu yang sudah digoreng
  • Kecap manis
  • Petis
  • Gula merah
  • 1/2 siung Bawang Putih
  • 3 buah Cabai
  • 1/4 Kencur
  • Jeruk limao
  • Garam
  • Kerupuk
CARA MEMBUAT TIPAT CANTOK :
  1. Ulek kacang tanah. gula merah, kencur, bawang putih, cabai, garam dan petis pada cobekan sampai halus.
  2. Tambahkan air secukupnya dan tambahkan sedikit perasan jeruk limao.
  3. Potong - potong ketupat dan tahu kedalam cobek yang berisi bumbu halus
  4. Tambahkan sayuran ke dalam cobek kemudian aduk hingga merata.
  5. Sajikan tipat diatas piring kemudian tambahkan sedikit kecap manis diatasnya dan kerupuk.
  6. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT TIPAT CANTOK KHAS BALI DENPASAR