CARA MEMBUAT SEBLAK CEKER PEDAS SETAN


Resep Seblak Ceker Setan Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Seblak ceker ayam bisa dimasak dengan kuah pedas atau seblak ceker kering yang bisa dibuat dengan varian rasa pedas manis dengan menambahkan gula pasir dan kecap manis ataupun selera super pedas dengan istilah seblak ceker mercon atau seblak ceker setan Bandung istilah karena saking rasa pedasnya yang gila dasar setan alas. Seblak ceker bisa dikombinasikan dengan daging ayam atau tulang ayam ataupun kerupuk Aci ataupun makaroni.

Foto Seblak Ceker Kuah Pedas
Gambar Seblak Ceker Kuah Pedas

Menurut situs Wikipedia ceker ayam adalah bagian kaki ayam yang lazim dikonsumsi. Hidangan ceker ayam dapat ditemukan dalam kuliner Asia, Eropa Timur, Afrika, Karibia dan Amerika Latin.

Dalam seni kuliner dunia, hidangan dari ceker ayam dapat ditemukan dalam seni Masakan Tionghoa, Indonesia, Korea, Thailand, Laos, Malaysia, Filipina, Vietnam, Jamaika, Trinidad dan Tobago, Rusia, Rumania, Afrika Selatan, Peru, Meksiko. Pada ceker ayam tidak terdapat otot atau daging, jaringan yang dapat dimakan antara lain kulit dan tendon (urat). Bagi sebagian golongan, ceker ayam dianggap sebagai bagian dari tubuh ayam yang menjijikkan dan kurang disukai. Akan tetapi, bagi yang menyukainya, ceker ayam dihargai dan disukai karena teksturnya yang unik dan lembut, serta rasanya yang gurih. Ceker ayam mengandung protein dan banyak gelatin.

Di Indonesia, ceker ayam lazim dijadikan sebagai makanan balita. Biasanya ceker ayam dimasak sebagai soto atau sup. Dalam hidangan Tionghoa, ceker biasa disajikan sebagai salah satu jenis dim sum. Ceker ayam dapat pula dipisahkan dari tulangnya dan digoreng hingga kering dan renyah menjadi keripik ceker ayam. Selain itu kini di Bandung, Jawa Barat ceker ayam digunakan juga dimasakan seblak hasil pengembangan resep seblak basah yang menggunakan bahan dasar kerupuk kini dieksplore menggunakan bahan-bahan lain seperti ceker ayam ini. Berikut resep seblak ceker ayam setan super pedas dan tentu pedasnya bisa disesuaikan dengan selera yang dilengkapi dengan cara mudah dan praktis untuk bikin sendiri di rumah.





RESEP SEBLAK CEKER AYAM


BAHAN :
  • 250 gram ceker ayam, bersihkan kulit luarnya, potong kukunya
  • 2 ruas jari kencur
  • 3 buah cabe rawit setan, boleh tambahkan cabai lagi jika masih kurang pedas
  • 1 buah cabe merah besar
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah bawang merah
  • 1/2 sdt gula
  • 1/2 sdt garam
  • 100 ml air kaldu sisa rebusan ceker
  • 2 sdm minyak
CARA MEMASAK SEBLAK CEKER AYAM PEDAS :
  1. Rebus ceker hingga empuk pakai panci biasa atau panci presto, sisihkan airnya.
  2. Ulek cabe, bawang dan kencur hingga halus.
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu hingga harum dan matang, masukan ceker dan air kaldu.
  4. Masukan gula dan garam, masak hingga air nya menyusut tapi tidak sampai kering. Cicipi, paskan rasanya dengan selera masing-masing.
  5. Sajikan panas/hangat.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SEBLAK CEKER PEDAS SETAN