CARA MEMBUAT OPAK GAMBIR KHAS BLITAR

Resep Opak Gambir Gurih Renyah Khas Blitar Sederhana Spesial Asli Enak. Di Blitar dikenal dengan sebutan cemilan opak gambir bulat kalau di daerah lain lebih populer dengan sebutan kue semprong malah lebih mirip egg roll monde tampilannya untuk yang versi gulung ada juga yang versi lipat menyerupai bentuk segitiga dan ada juga jenis opak gambir bulat, cetakan bentuk bunga mawar untuk opak gambir mawar dan opak gambir mini. Bahan adonan dasar umumnya menggunakan campuran tepung beras dan tepung terigu adapun yang telah membuat aneka kreasi olahan opak gambir ini dengan penambahan atau menggantinya dari tepung ketan untuk resep opak gulung ketan, ubi jalar ubi ungu/telo ungu, tepung tapioka singkong, dll. Salah satu produk UKM Usaha Kecil dan Menengah "Opak Gambir Sekar Melati" memproduksi opak gambir gurih garing kriuk ini. Selain itu ada opak gambir Kediri, opak gambir Malang, khas Jawa Timur, opak gambir SA (Sinar Anugerah). Andapun bisa membuat opak gambir warna warni pelangi jika suka.

Foto Resep Opak Gambir Renyah Khas Blitar Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Opak Gambir Gulung Renyah Khas Blitar

Rasa opak gambir gulung ini manis gurih yang diperoleh dari santan kental. Ada juga opak gambir dengan rasa lain dengan penambahan bahan lain, seperti opak gambir rasa jahe, dll. Ternyata tidak hanyak Blitar di Malang pun ada opak gambir Malang yang sudah menjadi makanan camilan rakyat sehari-hari, untuk sajian makanan lebaran, dan dijadikan oleh-oleh khas Blitar dan Malang. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi opak gambir renyah tepung terigu sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis untuk oleh-oleh khas Blitar, Jawa Timur.

RESEP OPAK GAMBIR


BAHAN :
  • 125 gram tepung beras
  • 1 sdm tepung terigu
  • 4 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt kayu manis bubuk
  • 200 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa parut
  • 2 butir telur ayam
  • 2 sdm wijen putih
  • Minyak goreng, untuk mengoles
CARA MEMBUAT OPAK GAMBIR :
Foto Gambar Cetakan Opak Gambir Blitar
Gambar Cetakan Opak Gambir Blitar

  1. Campur tepung beras, tepung terigu, gula, kayu manis, dan santan.
  2. Masukkan telur satu per satu sambil diaduk hingga rata. Masukkan wijen, aduk rata.
  3. Panaskan cetakan opak, oles dengan minyak. Tuang sedikit adonan, ratakan. Tutup cetakan, masak hingga kedua sisinya matang. Angkat, bisa lipat atau gulung selagi panas.
  4. Sajikan untuk 10 buah.

CARA MEMBUAT OPAK GAMBIR KHAS BLITAR