CARA MEMBUAT MARTABAK HITAM MANIS

Resep Martabak Hitam Manis (Black) Sederhana Lembut dan Empuk Spesial Asli Enak. Di Bandung dan Jakarta sekarang lagi tren nih yang namanya martabak manis berwarna hitam tapi asal warna warninya menggunakan bahan alami tidak masalah. Jika dicampur dengan arang bambu jepang atau takesumi racikan adonan dasar martabak premium seperti resep burger hitam juga akan bertambah mantap tapi nanti harganya bertambah mahal untuk 1 porsi martabaknya. Supaya warna martabak serba hitam dengan isinya bisa diberi isian ketan hitam. Itu gimana kreasi dan kreatifitas Anda.

Foto Resep Martabak Hitam Manis Sederhana Lembut dan Empuk Spesial Asli Enak
Gambar Martabak Hitam Manis Keju

Resep martabak manis hitam (Martabak Black Sweet) ini dikutip dari situs kejumooo official keju kraft, mungkin resep ini dapat menginspirasi Anda untuk bikin sendiri di rumah dan siapa tahu jika berhasil bisa dijadikan untuk usaha. Di Bandung sendiri laris manis martabak warna hitam ini rasanya legit dan manis tidak kalah dengan resep martabak manis biasa atau dibandingkan dengan resep martabak bangka. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih murtabak hitam black terbuat dari ketan hitam kenyal tebal lembut dan empuk asli sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis dagang martabak pakai gerobak rombong, mobil atau sewa ruko atau kios kecil.

RESEP MARTABAK HITAM


BAHAN :

BAHAN KULIT :
  • 125 gram tepung Terigu Cakra
  • 125 gram tepung ketan hitam, giling halus
  • 10 gram ragi instan
  • 150 gram gula pasir
  • 372 ml santan hangat (masak dengan 4 buah daun pandan dan 10 gram jahe parut)
  • 2 buah telur ayam besar
  • 1/2 sdt soda kue
BAHAN ISI :
  • 50 gram Kraft Cheddar 2 kg (parut) @ 60 gram
  • 50 ml kelapa (parut panjang), dikukus
  • 1 sdm kacang merah rebus (Cincang Kasar)
  • 1 sdt susu kental manis (SKM) @ 15 ml
CARA MEMASAK MARTABAK HITAM :
  1. Masukkan ragi ke dalam santan hangat, aduk sampai rata dan berbuih, sisihkan.
  2. Campur tepung dan gula, buat cekungan di tengahnya,lalu masukan telur ke dalamnya kemudian uleni sambil di tuangkan santan sampai gula larut, masukan soda kue, uleni lagi sampai rata, istirahatkan kurang lebih 50 menit.
  3. Panaskan teflon ukuran 8 inch, kemudian oleskan margarine lalu tuang adonan dengan menggunakan sendok sayur berukuran isi 200 ml,(dengan mengocoknya terlebih dahulu sebelum di tuang ke teflon). Ratakan dengan menggunakan bagian bawah sendok sayur sampai merata ke bagian pinggir teflon, lalu tutup dengan tutup panci yg sesuai.masak selama 3 menit.
  4. Isi dengan kacang merah, kelapa parut, Kraft Cheddar, susu kental manis, kemudian lipat menjadi bentuk 1/2 lingkaran.masak 1 menit setiap bagian sisinya. Angkat.
  5. Sajikan untuk 8 Porsi.

CARA MEMBUAT MARTABAK HITAM MANIS