CARA MEMBUAT LUMPIA SEMARANG


Resep Lumpia Semarang Sederhana Spesial Paling Asli Enak. Lumpia adalah cemilan rakyat yang banyak digemari dan sangat cocok dihidangkan ketika sedang bersantai bersama keluarga, teman ataupun tetangga dimakan dengan sausnya makin mantap. Lumpia semarang (atau loenpia semarang) adalah makanan semacam rollade yang berisi rebung, telur, dan daging ayam atau udang yan terdiri dari resep lumpia basah dan resep lumpia goreng atau lumpia kering.

Foto Resep Lumpia Semarang Sederhana Spesial Paling Asli Enak
Gambar Lumpia Semarang Paling Enak

Menurut situs Wikipedia cita rasa lumpia semarang adalah perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia karena pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang, Jawa Tengah.[butuh rujukan] Makanan ini mulai dijajakan dan dikenal di Semarang ketika pesta olahraga GANEFO diselenggarakan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Aneka kreasi dan variasi saat ini terdapat enam jenis lumpia semarang dengan cita rasa yang berbeda. Pertama aliran Gang Lombok (Siem Swie Kiem), kedua aliran Jalan Pemuda (almarhum Siem Swie Hie), dan ketiga aliran Jalan Mataram (almarhumah Siem Hwa Nio). Ketiga aliran ini berasal dari satu keluarga Siem Gwan Sing–Tjoa Po Nio yang merupakan menantu dan putri tunggal pencipta lumpia Semarang, Tjoa Thay Yoe–Wasih dan yang terakhir adalah lumpia Jalan TanggaMus (Ny. Mechtildis Tyastresna Halim) lumpia nya bulat-bulat dan gurih

Aliran keempat adalah sejumlah bekas pegawai lumpia Jalan Pemuda, dan aliran kelima adalah orang-orang dengan latar belakang hobi kuliner yang membuat lumpia dengan resep hasil pembelajaran dari lumpia yang sudah beredar.

Generasi tertua saat ini, yaitu generasi ketiga Siem Swie Kiem (68), tetap setia melayani konsumennya di kios warisan ayahnya (Siem Gwan Sing) di Gang Lombok 11. Keistimewaan lumpia Gang Lombok ini menurut sejumlah penggemarnya yang sempat ditemui di kios tersebut adalah racikan rebungnya tidak berbau, juga campuran telur dan udangnya tidak amis.

Camilan rakyat lumpia buatan generasi keempat dapat kita peroleh di kios lumpia Mbak Lien alias Siem Siok Lien (43) di Jalan Pemuda dan Jalan Pandanaran. Mbak Lien meneruskan kios almarhum ayahnya, Siem Swie Hie, yang merupakan abang dari Siem Swie Kiem, di Jalan Pemuda (mulut Gang Grajen) sambil membuka dua cabang di Jalan Pandanaran.

Kekhasan lumpia Mbak Lien ini adalah isinya yang ditambahi racikan daging ayam kampung. Ketika awal mula meneruskan usaha almarhum ayahnya, Mbak Lien membuat tiga macam lumpia, yaitu lumpia isi udang, lumpia isi ayam (untuk yang alergi udang), dan lumpia spesial berisi campuran udang serta ayam. Tetapi, karena merasa kerepotan dan apalagi kebanyakan pembeli suka yang spesial, sekarang Mbak Lien hanya membuat satu macam saja, yaitu lumpia istimewa dengan isi rebung dicampur udang dan ayam.

Adapun generasi keempat lainnya, yaitu anak-anak dari almarhum Siem Hwa Nio (kakak perempuan dari Siem Swie Kiem) meneruskan kios ibunya di Jalan Mataram (Jalan MT Haryono) di samping membuka kios baru di beberapa tempat di Kota Semarang. Di antara anak-anak almarhum Siem Hwa Nio ini ada juga yang membuka cabang di Jakarta. Bahkan ada cucu almarhum Siem Hwa Nio sebagai generasi kelima membuka kios lumpia sendiri di Semarang.

Selain keluarga-keluarga leluhur pencipta lumpia semarang tersebut, sekarang banyak juga orang-orang ”luar” yang membuat lumpia semarang. Mereka umumnya mantan karyawan mereka. Mereka yang mempunyai hobi kuliner juga turut meramaikan bisnis lumpia semarang dengan membuat lumpia sendiri, seperti Lumpia Ekspres, Phoa Kiem Hwa dari Semarang International Family and Garden Restaurant di Jalan Gajah Mada, Semarang begitulah sejarah asal usul mulanya lumpia Semarang dan perkembangannya sampai saat ini. Berikut resep lengkap lumpia Semarang dengan cara mudah dan praktis bikin sendiri di rumah.


RESEP LUMPIA SEMARANG


BAHAN KULIT LUMPIA :
  • 200 ml Air
  • 10 gram Garam
  • 200 gram Terigu Cakra Kembar
  • 150 gram Putih telur
  • 1 liter Minyak goreng
BAHAN ISI :
  • 500 gram Rebung rebus
  • 10 gram Garam
  • 10 gram Merica bubuk
  • 150 gram Gula
  • 250 gram Udang kupas
  • 100 gram Tauge panjang
  • 15 ml Minyak goreng (tumis)
  • 7 gram Penyedap rasa
  • 5 siung Bawang merah
  • 5 siung Bawang putih
CARA MEMBUAT LUMPIA SEMARANG :

CARA MEMBUAT KULIT LUMPIA :
  1. Campur air dengan garam sampai rata dan larut.
  2. Dalam wadah lain, campur terigu Cakra Kembar dengan putih telur sambil sesekali ditambahkan air supaya tidak menggumpal. Penambahan air tidak boleh sekaligus (cukup 75 ml). 
  3. Uleni sampai kalis dan elastis. Waktu pengulenan kira-kira 20 menit.
  4. Tuangkan sisa air lalu kocok dengan tangan selama 20 menit.
  5. Diamkan adonan selama 30 menit.
  6. Siapkan wajan teflon. Olesi minyak goreng tipis-tipis. 
  7. Celupkan kuas yang agak lebar pada adonan lalu oleskan pada wajan. 
  8. Panaskan dengan api kecil. 
  9. Biarkan hingga tepian kulit terkelupas. Angkat. Dinginkan.
Hasil : Kurang lebih 30 lembar kulit lumpia

CARA MEMBUAT ISI LUMPIA :
  1. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  2. Masukkan udang kupas, tumis sampai berwarna merah.
  3. Masukkan rebung rebus, garam, merica, gula pasir, dan bumbu penyedap. 
  4. Masak hingga rebung agak layu. 
  5. Masukkan tauge panjang. Masak hingga matang.
CARA PENYELESAIAN :
  1. Siapkan kulit lumpia. Isi dengan bahan isi secukupnya.
  2. Lipat kulit lumpia dan gulung. Rekatkan ujungnya dengan putih telur.
  3. Goreng dengan minyak banyak hingga berwarna coklat keemasan.
  4. Angkat. Tiriskan.
TIPS & TRICKS :
  • Bila ingin kulit yang tipis, cukup oleskan adonan sekali saja pada wajan. 
  • Bila ingin kulit yang agak tebal, oleskan kuas berkali-kali pada wajan. 
  • Hasil yang tipis akan liat setelah dingin. Kulit yang agak tebal, lebih bertahan kerenyahannya. 
  • Bila Anda tidak punya kuas, gunakan gumpalan kaus. Celupkan gumpalan kaus dalam adonan lalu sapukan di wajan. Wajan hanya perlu sekali diberi minyak.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT LUMPIA SEMARANG