CARA MEMBUAT KUE ODADING BANTAL BANDUNG


Resep Kue Odading Bantal Khas Bandung Sederhana Lembut dan Empuk Spesial Asli Enak. Di Semarang, Cakwe bantal ini dipanggil Bolang-Baling. Kalau di Bandung dipanggil dengan sebutan Odading rasanya manis beda dengan cakue yang rasanya asin. Ada yang menggolongkannya sebagai kue goreng, roti goreng dan goreng - gorengan. Kue odading juga dapat diisi dengan aneka isi, seperti isi coklat, pisang, keju, tape, dll dan bisa juga dengan topping wijen. Odading juga bisa dibuat dengan aneka kreasi tanpa telur. Baca Juga : Resep Cakwe Medan

Foto Resep Kue Odading Bantal Goreng Khas Bandung Sederhana Lembut dan Empuk Spesial Asli Enak
Gambar Kue Odading Bantal Goreng Bandung

Kue odading adalah penganan khas Jawa Barat. Dari mana nama "odading" berasal? Alif Munsyi alias Remy Sylado, sastrawan pengamat sejarah kata, menceritakan sebagai berikut.

"Odading" berasal dari seruan kaget seorang nyonya Belanda. Anaknya menangis meminta dibelikan kue yang dijajakan oleh anak kampung. Kue itu tidak bernama, hanya terdiri dari adonan terigu dan gula yang digoreng. Sang nyonya pun penasaran, lantas memanggil ujang penjual kue itu, menyuruhnya membuka daun pisang yang menutup kue di atas nyiru. Begitu melihat kue itu, berserulah sang nyonya kepada anaknya dalam bahasa Belanda, "O, dat ding?". Artinya, "O, barang itu?". Sumber kepustakaan Alif Munsyi, Bahasa Menunjukkan Bangsa(Kepustakaan Populer Gramedia, 2005).





RESEP KUE ODADING BANTAL


BAHAN :
  • 500 gr tepung terigu
  • 2 btr telur
  • 1 1/2 sdt ragi
  • 300 ml air hangat
  • 300 gr gula pasir
  • 1 sdt garam
  • Minyak untuk menggoreng
CARA MEMBUAT KUE ODADING EMPUK BANDUNG :
  1. Kocok telur hingga menggembang, sisihkan.
  2. Siapkan air hangat dalam mangkok besar,lalu masukan terigu dan sisa bahan lainnya aduk hingga tercampur rata dan jangan sampai tepungnya menggumpal. Tambahkan kocokan telur, aduk rata dan kalis.
  3. Tutup mangkok pakai serbet bersih,diamkan adonan selama 1 jam di tempat yang hangat, supaya ragi bekerja dan bahan mengembang.
  4. Setelah itu, bentuk adonan sesuai selera bisa bulat ataupun persegi.Lakukan hingga adonan habis.
  5. Goreng dalam minyak panas dan banyak sampai kuning kecoklatan. Angkat
  6. Sajikan hangat atau dingin tetap enak.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE ODADING BANTAL BANDUNG