CARA MEMBUAT IKAN BAWAL BAKAR BUMBU KECAP

Resep Ikan Bakar Bawal Sederhana Bumbu Kecap Spesial Asli Enak. Ikan bawal (bahasa Inggris: pomfret) adalah sejenis ikan air tawar dari keluarga Bramidae. Ikan ini berasal dari Hawaii. Banyak sekali macam-macam jenis ikan bawal ini, yang terdiri dari bawal laut dan bawal darat. Ada bawal putih dan bawal hitam yang sama-sama lezat untuk dibakar maupun digoreng dagingnya sama-sama lembut dan empuk banget. Terserah mau pakai ikan bawal yang mana. Begitu juga dengan variasi aneka sambal pedas yang digunakan, bisa dengan sambal kecap cabai rawit, sambal rica rica, sambal dabu dabu, sambal matah khas bali, sambal terasi super pedas, dll. Anda juga bisa memasak ikan bakar dengan bumbu-bumbu lainnya, seperti ikan bawal bakar bumbu kuning, ikan bawal bakar madu, ikan bawal bakar bumbu padang, dsb.

Foto Resep Ikan Bakar Bawal Sederhana Bumbu Kecap Spesial Asli Enak
Gambar Ikan Bakar Bawal Bumbu Kecap Sambal Pedas

Ikan bawal bakar ini cocok banget dimakan bersama nasi putih hangat pulen dengan sambal dan lalapan segar baik disajikan untuk makan sehari-hari maupun untuk perayaan pergantian malam tahun baru. Tips nya agar bawal tidak bau tanah rendam bawal dengan air jeruk nipis dan garam dalam waktu yang lama sehingga amisnya ternetralisir dengan jeruk nipis. Berikut resepi ikan bakar bawal lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis cocok untuk konsumsi sendiri sehari-hari, untuk hidangan menu malam tahun baru bagi yang merayakannya, maupun untuk usaha kuliner serba ikan cafe resto maupun di restoran bahkan untuk menu warung tenda.

RESEP IKAN BAWAL BAKAR


BAHAN :
  • 3 ekor ikan bawal segar, bersihkan
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 100 ml kecap Bango Bumbu Olesan, kemudian dihaluskan
  • 4 buah cabai merah
  • 2 buah cabai rawit
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 1/2 sdt merica butiran 1 sdt garam
CARA MEMASAK IKAN BAWAL BAKAR :
  1. Bersihkan sisik dan isi perut ikan. Potong ikan menjadi 2 Kerat-kerat agak rapat kedua sisi badannya. Berikan air jeruk nipis dan garam hingga rata di ikannya.
  2. Biarkan selama selang waktu 30 menit. Campur Kecap Bango dengan Bumbu Halus hingga rata.
  3. Olesi kedua sisi badan ikan dengan bumbu kecap hingga rata diamkan sebentar agar bumbu menyerap.
  4. Bakar di atas bara api hingga kering dan matang.
  5. Sajikan dan hidangkan pada waktu masih hangat dengan pelengkapnya.

CARA MEMBUAT IKAN BAWAL BAKAR BUMBU KECAP