CARA MEMBUAT NASI GORENG MAWUT PEDAS SURABAYA

Resep Nasi Goreng Mawut Spesial Pedas Surabaya, Jawa Timur Sederhana Spesial Asli Enak. Nasi goreng sederhana bercampur mie dan sayur-sayuran kol dan sayur hijau atau sawi seperti ini dinamai nasi goreng mawut ada juga yang menyebutnya dengan nasi goreng magelangan. Walaupun bernama mawut yang artinya berantakan alias amburadul tetapi rasa sajian ini tetap layak untuk Anda coba. Ada yang bilang Nasgor + mi goreng = Nasi Mawut. Nasgor mawut paling enak adalah nasi goreng mawut kakilima bukan nasi goreng mawut ala restoran.

Foto Resep Nasi Goreng Mawut Isimewa Pakai Mie dan Sayur Sajian Sedap Langsung Enak Sekejap dan Sangat Lezat
Gambar Nasi Goreng Mawut Pedas Special

Nasi Goreng Mawut sebenarnya sama seperti nasi goreng biasa. Cara memasak serta bumbu-bumbunya pun tidak jauh berbeda. Hanya saja di sini dicampur sedikit mie basah atau Indomie. Jadi boleh dibilang nasi goreng + bakmi goreng. Kurang lebih seperti itu. Lalu diberikan sedikit irisan sayuran seperti kubis (kol), sawi (caisim) serta daging ayam, dll. Karena ada banyak campuran inilah maka seolah-olah merupakan nasi goreng asal-asalan alias semrawut. Nah, dari kata "semrawut" inilah diambil kata mawutnya. Mungkin seperti itu asal usul nasi goreng mawut ini ditemukan secara tidak sengaja, bisa jadi karena bahan nasi tinggal sedikit dan mie juga sedikit lagi akhirnya dicampur ternyata resepon pembeli bagus dan berkembanglah usaha nasi goreng mawut ini dengan resep nasi goreng jawa timur.

Nasi Goreng Mawut paling mudah ditemukan di daerah Jawa Timur seperti Sidoarjo, Surabaya, nasi goreng mawut khas Malang, nasi goreng mawut Kediri, Magelang, dll. Ada banyak sekali penjualnya bahkan di pinggiran kaki lima dengan gerobak. Bahkan sudah menyebar sampai ke Denpasar, Bali, Bandung, Jakarta, dan ke seluruh pelosok Nusantara Indonesia.

Nasi Goreng Mawut ini terbuat dari beberapa campuran bahan, diantaranya :
  1. Bahan dasarnya terbuat dari nasi putih dan juga ada campuran mienya.
  2. Dalam nasi goreng magelangan ini menggunakan suwiran ayam kampung asli.
  3. Terdapat pilihan telur untuk nasi goreng mawut ini diantaranya: telur ayam boiler (untuk yang biasa) dan telur ayam kampoeng dan telur bebek (untuk yang special).
  4. Terdapat pilihan: original, pedas, sangat pedas, super pedas
  5. Nasi goreng magelangan ini dihidangkan dengan irisan mentimun dan tomat.
Nasi goreng mawut kaki lima pinggir jalan pakai tenda memang terkenal di Surabaya, Malang, Magelangan, Kediri, Denpasar, Bali, dan di Kota-kota Jawa Timur. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi nasi goreng mawut pedas khas Surabaya, JATIM NCC sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis nasi goreng mawut ala Abang-abang kaki lima paling enak dan lezat maupun untuk rumah makan, warung, dan restoran ala cafe resto cepat saji.

RESEP NASI GORENG MAWUT


BAHAN :
  • 2 buah dada ayam, direbus, digoreng, disuwir
  • 500 gram nasi putih
  • 75 gram mi telor, diseduh
  • 2 lembar kol, diiris halus
  • 2 batang sawi, dipotong –potong
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 batang daun bawang, diiris halus
  • 2 sdm minyak untuk menumis
BUMBU HALUS :
  • 2 buah cabai merah besar
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 5 butir bawang merah
  • 1 sdt terasi, dibakar
CARA MEMASAK NASI GORENG MAWUT :
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Masukkan kol, sawi hijau dan ayam. Tumis sampai setengah layu. Tambahkan nasi, mi, kecap manis, garam, kaldu bubuk, dan merica bubuk. Aduk sampai terbalut rata.
  3. Menjelang diangkat, masukkan daun bawang. Aduk rata.
  4. Sajikan untuk 3 porsi.

RESEP NASI GORENG MAWUT SIMPLE TAPI GURIH ALA ANAK KOS KASKUS


Nah, ini resep nasi goreng mawut ala anak kost yang dipersembahkan oleh member kaskus titis.sacth sebagai member kaskuser yang berbagi nasi goreng mawut pakai mie instan dan sekaligus memakai bumbu Indomie, bisa indomie kuah maupun indomie goreng, boleh juga pakai supermie, sarimi, mie gaga, mie ramen, bihun, mie telor, mie kuning, dll. Untuk step by step nya bisa lihat thread kaskus langsung disini.

Bagi agan-sista yang sibuk dan ingin memasak praktis tapi hasilnya gurih & lezat, boleh coba resep ini. Cocok juga untuk kantong anak kost/mahasiswa. Silahkan saja bandingkan harganya dengan harga nasi goreng jika agan-sista jajan di abang nasi goreng. Dan bandingkan juga rasanya.

Resep ini untuk dua porsi biasa. Tapi kalo ane sih segini habis ane makan sendirian gan. Itu kata beliau di salah satu threadnya. Berikut resep lengkap nasi goreng mawut sederhana ala Mahasiswa/i atau anak kost dengan biaya murah-meriah praktis dan ekonomis. Anda dengan mudah untuk bikin sendiri di rumah, kos-kosan, dan kontrakan Anda. Andapun bisa makan berdua sama pacar dengan biaya hemat :D
RESEP NASI Foto GORENG MAWUT SIMPLE TAPI GURIH ALA ANAK KOS KASKUS
Gambar Nasi Goreng Mawut Ala Anak Kos

BAHAN :
  • 1 piring nasi
  • 1 bungkus mie goreng instant
  • 1 butir telur
  • 3 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 7 tangkai cabe rawit hijau
  • 1/2 sdt garam
  • 4 sendok makan minyak goreng
CARA MEMBUAT NASI GORENG MAWUT SIMPLE :
  1. Buka dan patahkan mie instan menjadi 2 bagian, agar nanti tidak terlalu panjang.
  2. Didihkan air dan rebus mie goreng instant, lalu tiriskan (jangan gunakan bumbunya dulu).
  3. Iris tipis bawang merah, bawang putih dan cabai rawit hijau.
  4. Panaskan minyak goreng, lalu tumis irisan bawang merah, bawang putih dan cabai.
  5. Setelah layu, masukkan telur dan segera diaduk.
  6. Jangan menunggu telur menggumpal untuk memasukkan nasi dan mie.
  7. Aduk hingga tercampur merata.
  8. Bubuhkan garam dan bumbu mie instant serta saus dan kecapnya.
  9. Lanjutkan mengaduk hingga agak mengering.

CARA MEMBUAT NASI GORENG MAWUT PEDAS SURABAYA