CARA MEMBUAT KOPI KLOTOK UNGARAN

Resep Kopi Klotok Jahe Asli Enak. Kopi ini memiliki rasa yang berbeda dengan rasa kopi lain, campuran seri tebu dan rasa pahit kopi bercampur menjadi satu. "Rasanya unik, rasa pahit kopi dan rasa pahit fermentasi tebu menghasilkan aroma kopi yang harum serta dapat menghangatkan tubuh dan menyehatkan badan apalagi diminum di malam hari yang dingin sambil kopdar nongkrong sampai subuh. Kopi klotok tidak menggunakan pemanis gula pasir olahan akan tetapi langsung menggunakan air tebu sehingga lebih alami dan tradisional sangat cocok bagi yang ingin membuka usaha jual minuman kopi atau membuka warung kopi (WARKOP).

Foto Resep Kopi Klotok Jahe Mantap
Gambar Kopi Klotok Jahe

Kopi klothok adalah minuman kopi panas/hangat yang memiliki kesitimewaan rasa yang berbeda dengan cita rasa kopi pada umumnya. "Pada umumnya kopi hanya berasa pahit, tetapi pada kopi klotok ini kami menambahkan sari tebu dan aneka rasa lain seperti madu, jahe, secang atau sepang, krimer dan vanila yang dapat memberikan kehangatan pada tubuh ada juga yang menggunakan alkohol.

Minuman Kopi Klotok paling enak diminum sama makanan pisang goreng ini sering dijumpai di warung-warung kopi tradisional pinggir jalan seperti di daerah Cangkringan, Sego Macan, Ungaran, Magelang, Jogja Yogyakarta, Semarang Jateng Jawa Tengah, dll.

Nama klotok diambil dari proses pembuatan kopi yang unik dan menarik. "Proses pembuatan kopi klotok ini tergolong unik. Pada umumnya minuman kopi dibuat hanya dengan diseduh air panas, tetapi kopi klotok ini setelah diseduh dengan air panas kemudian direbus hingga mendidih dan bunyi air kopi yang sudah mendidih itu, kami menyebutnya klotok. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kopi klotok lengkap dengan cara memasaknya dan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan warung kopi angkringan sampai ala restoran cafe resto siap saji.





RESEP KOPI KLOTOK


BAHAN :
  • 2 sdm Kopi arabica atau robusta
  • 10 gram Jahe
  • 200 ml air tebu
  • 200 ml air
CARA MEMBUAT KOPI KLOTOK :
  1. Jahe digeprek dan bakar jahe tersebut hingga sedikit berminyak
  2. Masukan kopi dalam panci aduk-aduk hingga keluar aroma
  3. Kecilkan api kemudian tunggu beberapa saat hingga kopi lengket dengan panci lalu klotok kopi tersebut hingga menjadi bubuk lagi
  4. Tuangkan air perlahan, tunggu hingga mendidih
  5. Jika sudah mendidih masukan jahe yang dibakar
  6. Sajikan kopi untuk 4-5 gelas
  7. Bila anda suka dengan kopi manis tambahkan gula, atau madu

CARA MEMBUAT KOPI KLOTOK UNGARAN