CARA MEMBUAT KOPI BIJI KURMA


Resep Kopi Biji Kurma Sederhana Spesial Asli Enak. Selain buahnya, biji dari buah kurma juga ternyata bisa diolah menjadi minuman yang nikmat dan juga berkhasiat untuk kesehatan. Selain memberi energi yang mudah diserap seperti dagingnya, biji kurma juga dapat berkhasiat untuk memulihkan tenaga syahwat, menyembuhkan kencing manis, menghangatkan badan, menyembuhkan kanker, darah tinggi, kolesterol, stroke, sakit kepala, migraine, sakit perut, menghilangkan keputihan dan gatal-gatal, juga menyegarkan badan dan membuat tidak mengantuk, sama seperti fungsi kopi pada umumnya. Itulah Orang Indonesia hebat-hebat segala biji - bijian bisa jadi kopi dan bisa diminum untuk keperluan obat tradisional atau obat herbal alami yang sehat. Seperti Kopi Herbal Biji Kurma, Kopi Arab Biji Kurma, dll.

Foto Resep Kopi Biji Kurma Sederhana Asli Enak
Gambar Kopi Biji Kurma Berkhasiat

Khasiat dan Manfaat Kopi Biji Kurma secara lengkap menurut myinfo.web.id, diantaranya :

  • Memberi energi instan
  • Memulihkan energi Syahwat
  • Menyembuhkan diabetes
  • Memberikan energi kepada pria dan wanita
  • Menghilangkan letih dan lesu
  • Menghangatkan badan
  • Mengendorkan saraf yang tegang
  • Menyembuhkan kanker, keputihan, gatal-gatal dan masuk angin
  • Menyembuhkan sakit perut
  • Menyegarkan badan / tidak mengantuk
  • Menyembuhkan darah tinggi, kolesterol, stroke dan goutt
  • Menyembuhkan sakit kepala / migrain
  • Melancarkan peredaran darah

Kandungan Zat Biji Kurma

Biji kurma mengandung banyak zat yang penting untuk tubuh, diantaranya 71,9 - 73,4 % karbohidrat, 5 - 6,3 % protein, dan 9,9 - 13,5 % lemak. Biji kurma juga mengandung banyak mineral lainnya yang baik untuk tubuh seperti kalium (K), magnesium (Mg), dan natrium (Na).

Menurut situs Wikipedia defenisi pengertian Kurma , (Arab: تمر‎, Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

Sejarah asal usul mula kurma. Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya pada saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pada zaman selanjutnya, orang Arab menyebarkanluaskan kurma di sekitar Selatan dan Barat Daya Asia, bagian utara Afrika, Spanyol dan Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico dan California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pada tahun 1765.

Kurma merupakan tanaman tradisional yang penting dan juga merupakan makanan pokok di timur tengah seperti Turki, Iraq, Arab sampai Afrika Utara dan Maroko. Di negara-negara Islam, kurma merupakan makanan tradisional yang utama untuk menu takjil berbuka puasa pada saat bulan Ramadan, begitu pun di Indonesia. Begitu masuk bulan Ramadan, maka buah kurma dan berbagai makanan yang berbahan dasar kurma tersedia di mana-mana.

Namun ada 1 bagian buah kurma yang sering dianggap tidak penting yaitu biji kurma. Ketika seseorang memakan buah kurma, maka bisa dipastikan akan membuang bijinya. Padahal sebenarnya biji kurma ini dapat diolah lagi menjadi minuman yang menyehatkan dan juga menyegarkan. Kita bisa membuat minuman kopi yang menyehatkan sebagai pengganti kopi yang biasa kita minum yang tentunya mengandung kafein yang bisa merugikan tubuh.

Membuat kopi dari biji kurma ini mudah dan praktis. Cara mengolahnya juga hampir sama dengan cara mengolah biji kopi. Caranya, cuci dan tiriskan biji kurma, kemudian jemur hingga kering. Setelah dijemur, sangrai di atas api sedang hingga hangus dan berwarna hitam. Setelah itu, angkat dan dinginkan. Setelah dingin, blender atau tumbuk biji kurma yang telah hangus dan seduh seperti menyeduh kopi.





RESEP KOPI BIJI KURMA


Nah, salah satu cara untuk dapat memanfaatkan kandungan zat yang terdapat dalam biji kurma yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia adalah dengan menjadikannya biji kopi sebagai minuman kopi. Jika Anda termasuk penggemar kopi (Coffee Lover), ini berita bagus untuk mengganti kebiasaan minum kopi Anda dengan minuman kopi yang menyehatkan.

BAHAN :
  • Biji Kurma Secukupnya
BAHAN PELENGKAP :
  • Gula pasir atau gula bebas kalori
CARA MEMBUAT KOPI BIJI KURMA :
  1. Kumpulkan dan cuci biji sampai bersih.
  2. Kemudian jemur biji kurma hingga kering.
  3. Sangrai hingga matang dan harum.
  4. Kemudian haluskan dengan cara ditumbuk.
Setelah menjadi bubuk halus, Anda bisa menyeduhnya seperti Anda menyeduh kopi. Bisa juga menambahkan gula, namun sebaiknya menggunakan gula bebas kalori. Sekarang Anda bisa menikmati kopi sehat, murah meriah ekonomis dan kaya manfaat di rumah kopi ala rumahan. Selain itu Anda dapat berhemat uang untuk tidak meminum resep kopi ala cafe lagi atau minimal jarang.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KOPI BIJI KURMA