CARA MEMBUAT BAKPAO ISI COKLAT

Resep Bakpao Isi Coklat Sederhana Empuk dan Lembut Spesial Asli Enak. Roti atau Kue bakpau isi cokelat mekar mengembang special ini bisa menjadi alternatif antaran pada hari perayaan Imlek tahun baru Imlek 2022 selain ada kue keranjang khas imlek dihari yang istimewa. Sebuatan Bakpao berasal dari gabungan kata Pao dan Bak. Pao memiliki arti bungkusan dan bak memiliki arti daging. Jadi, bakpao bisa diartikan sebagai bungkusan yang berisi daging. Dalam bahasa Hakka/Khek yaitu Nyukppao/Yungppao, artinya sama yakni daging yang terbungkus.

Foto Resep Bakpao Coklat Sederhana Empuk dan Lembut Spesial Sajian Sedap Sekejap Langsung Enak
Gambar Bakpao Coklat Sederhana Mini

Menurut situs Wikipedia. Bakpao (Hanzi: 肉包, hokkian: bakpao, hanyu pinyin: roubao) merupakan makanan tradisional Tionghoa. Dikenal sebagai bakpao di Indonesia karena diserap dari bahasa Hokkian yang dituturkan mayoritas orang Tionghoa di Indonesia. Pao itu berarti bungkusan, dan bak itu artinya daging, jadi bakpao berarti bungkusan (berisi) daging. Bakpao dalam bahasa Hakka / Khek yaitu nyukppao / yugppao yang mempunyai arti yang sama yaitu daging berbungkus.

Bakpao sendiri berarti harfiah adalah baozi yang berisi daging. Pada awalnya daging yang paling lazim digunakan adalah daging babi. Akan tetapi baozi sendiri dapat diisi dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran, serikaya manis, selai kacang kedelai, kacang azuki, kacang hijau, dan sebagainya, sesuai selera. Bakpao yang berisi daging ayam dinamakan kehpao.

Kulit bakpao dibuat dari adonan tepung terigu diberi ragi untuk mengembangkan adonan dasar bakpao, setelah diberikan isian, adonan dibiarkan sampai mengembang lalu di kukus sampai matang. Untuk membedakan isi bakpao, tanpa daging (vegetarian) basanya di atas bakpao diberi titikan warna, demikian juga dengan isian yang lain diberi tanda warna yang berbeda-beda.

Bahan isian bakpao cokelat bisa Anda kreasikan dengan kombinasi campuran keju dan kacang tanah, kacang merah atau kacang hijau/ijo, dll. Begitu juga dengan kulit atau bungkus bakpao biasanya memang bentuknya bulat atau bundar tapi anda bisa buat motif bunga mawar misalnya dan sebagainya bahkan Anda bisa membuat bakpao mini ukuran kecil namanya disebut minipao atau minipau. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi bakpau coklat takaran sendok yang empuk dan super lembut sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis jual bakpao pakai gerobak di pinggir jalan kaki lima.

RESEP BAKPAO ISI COKLAT


BAHAN :

BAHAN KULIT BAKPAO :
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Bakpao Karakter

BAHAN ISI BAKPAO :
  • 50 gram gula tepung
  • 2 sendok makan cokelat bubuk
  • 3 sendok makan susu bubuk
  • 3 1/2 sdt air es
  • 25 gram meises cokelat
CARA MEMBUAT BAKPAO ISI COKLAT :
  1. Cara Membuat Isi: aduk rata gula tepung, cokelat bubuk, susu bubuk, dan air es sampai kental. Tambahkan meises cokelat. Aduk rata.
  2. Kulit: buat dengan cara yang sama.
  3. Ambil 1/4 bagian adonan. Tambahkan cokelat pasta. Uleni rata. Bentuk bulat masing-masing adonan. Diamkan 30 menit.
  4. Timbang adonan cokelat 10 gram dan adonan putih 30 gram. Bentuk bulat masing-masing adonan.
  5. Pipihkan adonan putih. Isi dengan adonan cokelat. Bentuk bulat. Giling memanjang. Gulung.
  6. Pipihkan adonan. Beri isi. Bentuk bulat.
  7. Letakkan di atas kertas roti. Ayak dengan cokelat bubuk bagian atasnya tipis-tipis. Kerat atasnya menyilang dengan cutter. Diamkan 45 menit sampai mengembang.
  8. Kukus 12 menit dengan api sedang sampai matang.
  9. Sajikan untuk 20 buah.

CARA MEMBUAT BAKPAO ISI COKLAT