CARA MEMBUAT TAHU BRINTIK CRISPY


Resep Tahu Brintik Crispy Renyah Sederhana Spesial Asli Enak. Tahu Brintiiik aslinya berasal dari Surabaya tapi ada juga yang khas Bandung mungkin versi kw kali. Tahu brintik adalah jenis kuliner baru aneka kreasi olahan tahu dan sebagai hasil modifikasi dari berbagai jenis kuliner tahu goreng yang telah ada di Indonesia. “Dinamakan tahu brintik, karena tahunya dipotong-potong kecil berukuran stik seperti resep kentang goreng french fries yang kita akan bahas pada artikel selanjutnya hanya di CaraBuatResep (CBR).

Resep Tahu Brintik Crispy Renyah Garing Sambal Petis Spesial
Gambar Tahu Brintik Crispy Renyah Garing

Apakah tahu brintik merupakan satu modifikasi terbaru dari resep tahu brontak yang sudah sangat populer itu?. “Mungkin saja begitu. Tapi, tahu brontak itu adalah tahu isi, tahu yang ada isinya. Tahu brintik bukan tahu isi yang lembut dan empuk.

Tahu Brintiiik franchise waralaba, biasanya ditawarkan dalam lima pilihan, yaitu Tahu Crispy Petis, Tahu Crispy Balado, Tahu Isi Udang, Tahu Stik Keju Mayo ukuran S, dan Tahu Stik Keju Mayo ukuran L. “Tahu Crispy Petis dan Tahu Crispy Balado harganya Rp 5.000 per 10 biji. Tahu Isi Udang dijual dengan harga Rp 10.000 per 10 biji, sedangkan Tahu Stik Mayo S Rp 3.000 dan Tahu Stik Mayo L Rp 6.000,”.

Keistimewaan tahu brintik terletak pada rasanya yang manis, asin, pedas, garing, dan renyah. “Kami menggunakan resep tahu Sumedang asli yang tiap hari didatangkan langsung dari Kota Sumedang. Bahkan bumbu petisnya pun asli didatangkan dari Kota Surabaya. Cara meracik tahu Sumedang yang direndam dalam air berbumbu. Setelah disiangi, tahu itu dibalur dengan adonan tepung dan kemudian siap digoreng dalam wajan penggorengan ukuran besar yang berisi minyak goreng panas. Berikut salah satu resep tahu brintik lengkap dengan proses bikin sendiri di rumah ala rumahan buatan sendiri, bisa untuk buka usaha jual tahu brintik di kotanya.





RESEP TAHU BRINTIK


BAHAN :
  • 10 biji tahu kotak
  • 250 gram tepung terigu, bagi menjadi dua wadah
  • 2 sdm tepung tapioka
BUMBU HALUS :
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
CARA MEMASAK TAHU BRINTIK CRISPY GARING :
  1. Potong tahu memanjang 1 tahu dibagi menjadi 6 potongan.
  2. Goreng tahu setengah matang, sampai luarnya terlihat cukup kering. tiriskan.
  3. Siapkan 2 sdm terigu, 1 sdm tepung beras. beri garam, merica dan ketumbar, encerkan dengan air matang. tuangkan ke tahu aduk-aduk.
  4. Kocok lepas telur, aduk dengan tahu.
  5. Sisa terigu dan tepung beras di aduk-aduk sambil ditekan-tekan sampai senuanya menempel dengan baik.
  6. Goreng saat minyak panas, dengan api kecil.
  7. Angkat bila sudah kecoklatan.
  8. Sajikan dengan bumbu tabur, sambal petis dan mayonaise.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT TAHU BRINTIK CRISPY