CARA MEMBUAT STEAK SALMON SAUS BARBEQUE


Resep Steak Salmon Saus Barbeque Tartar Sederhana Spesial Asli Enak. Steak ikan Salmon termasuk banyak peminatnya setelah resep steak daging sapi tapi sulit menemukan cafe resto atau restoran yang menyajikan menu hidangan steak ikan salmon. Ikan salmon sulit di dapat karena impor biasanya ada di supermarket besar seperti hypermart semacam carrefour. Bila di kota Anda tidak ada ikan salmon Bunda bisa ganti dengan ikan lain yang dagingnya tebal atau banyak agar bisa di fillet biasanya ikan besar, misalnya bisa gunakan ikan dori untuk steak ikan dori, ikan tuna khusus tuna nanti kita bahas di artikel resep steak ikan tuna saus teriyaki, ikan tongkol, ikan marlin, ikan tenggiri, ikan kakap, ikan hiu, ikan paus barangkali, hehe.

Foto Resep Steak Ikan Salmon Saus Tartar Sajian Sedap Sekejap Langsung Enak
Gambar Steak Salmon Saus Barbeque Tartar

Begitu juga dengan kuah kental atau saus untuk bahan siramannya, bisa menggunakan aneka kreasi olahan saus atau saos dan variasi dengan saus teriyaki, saus lada hitam, saus barbeque, saus putih, saus jamus, saus lemon, saus padang, saus krim, saus keju, saus mayonaise, saus popcorn, atau pakai saus tartar seperti di resep yang lezat ini.

Ikan Salmon atau di Indonesia disebut ikan salem adalah sejenis ikan laut dari famili Salmonidae. Ikan lain yang satu famili dengan salmon adalah ikan Trout. Perbedaannya adalah pada migrasi hidup salmon dibandingkan dengan ikan trout yang menetap. Salmon hidup di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Ikan Salmon adalah bahan makanan kelas premium.

Secara umum, salmon adalah spesies anadromous, yaitu spesies yang bermigrasi untuk berkembang biak. Salmon lahir di perairan air tawar, bermigrasi ke lautan, lalu kembali ke air tawar untuk bereproduksi. Terdapat suatu kepercayaan bahwa salmon selalu kembali ke tempat yang sama di mana ia dilahirkan untuk berkembang biak. Penelitian menunjukkan demikian, namun alasan mengapa hal itu terjadi dan bagaimana salmon dapat menyimpan memori tersebut masih misteri. Tapi kita tidak bahas ikan salmon secara mendalam dan lengkap

Makan ikan sangat bagus untuk nutrisi otak jadi perbanyaklah makan ikan dengan berbagai aneka olahan dan variasi menarik dan unik, salah satunya dengan makan steak ikan bebas mau ikan apasaja. Berikut resepi steak ikan salmon saus barbeque kombinasi saus tartar yang Anda bisa kreasikan dengan rebusan kentan, kacang buncis, wortel dan sayur-sayuran lainnya. Ikuti juga cara sederhana, mudah dan praktis untuk bikin sendiri steak ikan salmon ala rumahan di rumah (Homemade).





RESEP STEAK IKAN SALMON SAUS TARTAR


BAHAN :
  • 4 potong daging ikan salmon @ 100 gram, fillet
  • 2 sendok makan margarin
BAHAN PERENDAM :
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 4 sendok makan saus barbeque siap pakai
BAHAN SAUS TARTAR :
  • 2 sendok makan bawang bombay cincang
  • 6 sendok makan mayones
  • 1/2 sendok teh air perasan jeruk lemon
  • 6 buah capers kalengan, cincang
CARA MEMASAK STEAK IKAN SALMON SAUS TARTAR :
  1. Campur semua bahan perendam dan aduk rata. Lumuri daging ikan salmon dengan saus perendam, diamkan minimal 30 menit.
  2. Siapkan wajan steak, lelehkan margarin, masak ikan dengan api kecil hingga kedua sisinya matang. Angkat, sisihkan.
CARA MEMBUAT SAUS TAR TAR :
  1. Campur mayones dengan semua bahan saus, aduk hingga tercampur rata.
  2. Sajikan ikan bersama saus tartar untuk 4 porsi.
TIPS & TRICKS :
  • Capers adalah buah dari tumbuhan semak dari Mediterania. Kecil mungil, sebesar ujung jari kelingking. Bentuknya bulat lonjong berwarna hijau, biasanya dijual dalam bentuk acar dalam kaleng.
  • Sebaiknya gunakan ikan segar.
  • Menu hidangan ikan ini cocok untuk dijadikan sajian sedap pada malam tahun baru 2016 selain resep ikan bakar.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT STEAK SALMON SAUS BARBEQUE