CARA MEMBUAT DODOL ZEBRA KHAS GARUT

Resep Dodol Zebra Khas Garut Legit Spesial Aneka Rasa Buah Sederhana Asli Enak. Proses pembuatan dodol zebra warna warni atau zabra ini tidaklah mudah atau gampang karena membutuhkan waktu yang berjam-jam dengan api sedang mirip dengan pembuatan kue dodol lainnya. Nama lain dari si dodol manis legit yang berwarna-warni ini adalah dodol belang. Dodol zebra yang berbahan dasar beras ketan dan gula pasir ini memiliki 6 varian rasa sekaligus 6 jenis warna, diantaranya, pandan hijau/ijo, cokelat warna coklat, strawberry warna merah, nanas warna kuning, durian warna kuning, dan susu warna putih.

Foto Resep Dodol Zebra Khas Garut Legit Spesial Asli Enak
Gambar Dodol Zebra Khas Garut Legit Spesial

Dodol Zebra unik ini mampu bertahan hingga 2 bulan disimpan dalam wadah rapat atau topples tertutup rapat. Dulu agar dodol awet dan lezat rasanya, digunakan telur sebagai salah satu bahan penyedap sekaligus pengawet. Kini, ujar Ai, akibat naiknya harga-harga bahan baku sementara harga jual harus ditekan, bahan pengawet dan penyedap itu diganti lemak sapi dan mentega. Namun dodol Garut produksinya tak kehilangan kelegitannya.

Macam-macam jenis dodol zebra manis aneka rasa buah ini bercorak dan berpola seperti kulit zebra belang. Bedanya, warna dodol ini tak melulu hitam-putih, tetapi ada yang berwarna coklat-putih, hijau-putih, merah-putih atau lainnya, sesuai dengan rasa penyedapnya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi dodol zebra Garut warna warni lembut dan empuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis dodol menjadi juragan dodol oleh-oleh khas Bandung atau oleh-oleh khas Garut.

RESEP DODOL ZEBRA


BAHAN :
  • 500 gram ketan putih
  • 250 gram gula merah
  • 350 gram gula putih
  • 2 buah kelapa
  • 200 gram susu cream
  • Pasta aneka rasa secukupnya

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Dodol Garut

CARA MEMBUAT DODOL ZEBRA KHAS GARUT :
  1. Parut kelapa lalu ambil santannya.
  2. Didihkan air dan santan bersama gula putih, lalu masukkan susu cream, tepung ketan putih,gula merah, lalu aduk-aduk hingga kalis. jika telah mengental dan agak keras, kemudian angkat.
  3. Adonan dasar dibagi menjadi 2, bagian satu berwarna putih sedangkan bagian dua bisa menggunakan warna coklat,strawberry,atau pandan sesuai selera. apabila sebagian sudah diberi warna lalu disatukan dengan adonan putih lalu ditekan dan digulung-gulung lalu ratakan kembali.
  4. Apabila telah rata lalu dipotong-potong dan bungkus menggunakan plastik.
  5. Sajikan.

CARA MEMBUAT DODOL ZEBRA KHAS GARUT