CARA MEMBUAT WAFFLE ICE CREAM


Resep Waffle Ice Cream Renyah Crispy Lembut dan Empuk Sederhana Spesial Asli Enak. Makan di restoran A&W biasanya ada menu waffle garing (egg waffle) dengan resep es krim aneka rasa buah. Kue wafel yang diberi es krim jadi saat makan wafel ini mulut terasa segar dingin yang sangat lezat apalagi dipadu dengan olesan topping coklat belgia yang pas mantap, menjadikan menu hidangan ini menjadi sajian sedap. Aneka kreasi dan variasi olahan kue wafel ini banyak jadi sangat cocok dijadikan untuk usaha jualan wafel peluang usaha 2017 buat Anda sendiri. Aneka kreasi dan variasi dari waffle, yaitu waffle Hongkong, waffle Belgian, waffle garing, waffle tanpa cetakan, dll.

Foto Resep Waffle Ice Cream Strwaberry Topping Coklat Renyah Crispy Lembut dan Empuk Asli Enak
Gambar Waffle Ice Cream Strawberry Coklat

Sejarah asal usul mulanya kue wafel (waffle) dan wafer (biskuit) memiliki akar etimologis yang sama. Wafre atauwafer berasal dari Inggris pada tahun 1377 yang diadopsi dari wafel Jerman Tengah, dimana huruf L berubah menjadi R. Wafel Belanda, Gauffre Perancis dan Waffel Jerman semua mengarah kepada kue yang sama.

Wafel yang sering kita lihat sekarang yang dijual-jual di toko wafel atau restoran USA ala amerika disebut Wafel modern, dimana ide pemanggangan menggunakan dua pelat logam yang dihubungkan dengan engsel sama seperti kue wafer yang tipis dan bermotif kotak-kotak.

Menurut blog torinagaanugroho.blogspot.co.id Macam-macam jenis kumpulan kue wafel (waffle) yang ada di dunia , diantaranya :

Macam-macam jenis wafel khas negara-negara terkemuka di dunia. Semua memiliki bahan dasar adonan yang sama namun bentuk penyajian dan cetakan yang berbeda. Beberapa diantaranya yang terkenal adalah Wafel Amerika, Belgian waffles, The Liège waffle, Grid biscuit of Hong Kong, Pandan waffles, Brunost of Norway, Rhubarb waffle of Ireland, Våffel of Sweden, dan Stroopwafel of Dutch.

Wafel Amerika memiliki banyak variasi namun paling sering dibuat menggunakan adonan beragi dengan baking powder. Sebagian besar wafel tersebut berasa manis, namun juga ditemukan di selatan Amerika Serikat, menggunakan makanan gurih seperti ayam goreng.

Wafel Amerika

Wafel Belgia disajikan dalam bentuk taburan gula diatasnya dengan kuantitas yang lebih kecil dibanding Wafel Amerika. Sementara Wafel Liège yang berasal dari kota dengan nama yang sama, di bagian timur Belgia memiliki ciri khas wafel padat, sangat manis dan renyah. Wafel ini diciptakan oleh seorang koki dari Pangeran Liège d abad ke-18 dan merupakan adaptasi dari adonan roti brîoche.

Wafel Liège Hongkong

Kue grid dari Hong Kong merupakan wafel hangat yang berbentuk bundar dan dibagi empat potongan. Biasanya banyak ditemukan di pedagang kaki lima. Mereka menambahkan mentega, kacang atau gula manis disisi wafel. Umumnya, lebih lembut dibandingkan wafel dari Eropa dan didominasi warna kuning yang merupakan warna tradisional Hong Kong.

Wafel Pandan Vietnam

Wafel Pandan dari Vietnam merupakan salah satu yang unik karena menggunakan santan dalam adonan kue. Wafel ini lebih mirip kue pandan dari Indonesia dan biasanya tidak perlu ditambahkan topping.

Wafel Brunost Norwegia

Wafel brunost dari Norwegia dan Wafel rhubarb dari Islandia dinamakan sesuai topping yang diberikan. Brunost dan Rhubarb merupakan dua selai yang populer di kedua negara.

Wafel Stroopwafel Belanda

Stroopwafel dari Belanda adalah wafel tipis diisi sirup manis. Adonan dasar kaku dari tepung, ragi, dan susu dibentuk dan dipotong ketika masih hangat kemudian diisi sirup.

Berikut resepi waffle ice cream sajian sedap istimewa lengkap bikin sendiri kue wafel dengan kreasi topping es krim yang lezat di rumah ala rumahan (Homemade) yang mudah dan praktis.

RESEP WAFFLE ICE CREAM


BAHAN :
  • 280 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 425 ml susu cair
  • 50 gram margarin cair
  • 2 butir telur
BAHAN PELENGKAP :
  • Es krim vanila secukupnya
CARA MEMBUAT WAFFLE ICE CREAM :
  1. Ayak tepung terigu dan baking powder bersamaan.
  2. Kocok margarin, garam, dan gula hingga mengembang. Tambahkan telur, kemudian kocok kembali dengan kecepatan sedang.
  3. Sambil tetap mengocok, tambahkan susu cair sedikit demi sedikit.
  4. Tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah dipanaskan, masak hingga wafel matang dan kering.
  5. Ambil satu buah wafel, beri es krim, tumpuk dengan wafel lainnya.
  6. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT WAFFLE ICE CREAM