CARA MEMBUAT TEMPURA BAYAM RENYAH


Resep Tempura Bayam Renyah Sederhana Spesial Asli Enak. Cemilan garing ini sering disebut keripik bayam sayur ada juga yang menyebutnya rempeyek atau peyek bayam yang terbuat dari sayur bayam yang diambil bagian daunnya saja dengan cara dipetik, sedangkan sisanya batang dan daun bayam muda atau kecil kita bisa manfaatkan menjadi sayur bayam masak bening, sebaiknya pilih sayur bayam yang daunnya lebar-lebar. Rasanya garing renyah krispi dengan rasa gurih, sangat cocok untuk bahan camilan disaat santai maupun pelengkap makan nasi.

Menurut situs wikipedia Tempura (天ぷら、天麩羅、天婦羅?) atau tenpura adalah makanan Jepang berupa makanan laut, sayur-sayuran, atau tanaman liar yang dicelup ke dalam adonan berupa tepung terigu dan kuning telur yang diencerkan dengan air bersuhu dingin lalu digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga berwarna kuning muda. Kalau di Indonesia disebut keripik daun bayam atau keripik sayur bayam ada juga yang menyebutnya rempeyek sayur atau peyek bayam pedas ala CaraBuatResep (CBR).

Foto Resep Keripik Bayam Sayur Renyah Asli Enak
Gambar Tempura Bayam Renyah

Tempura juga berarti cara menggoreng yang berbeda dengan furai (istilah bahasa Jepang untuk deep fry). Bahan makanan yang digoreng secara tempura dicelup ke dalam adonan tempura, sedangkan bahan makanan yang digoreng secara deep fry dibungkus secara berurutan dengan tepung terigu, kocokan telur, dan tepung panir.

Minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng tempura sebaiknya minyak goreng yang bersih dan belum digunakan untuk menggoreng bahan makanan lain. Di restoran kelas atas yang menyediakan menu tempura, campuran minyak wijen yang harganya mahal dan minyak biji kapas sering dipakai untuk menggoreng tempura. Minyak bunga kamelia yang digunakan pegulat sumo sebagai minyak rambut juga digunakan di beberapa restoran mahal untuk menggoreng tempura.

Minyak goreng yang dipakai untuk menggoreng tempura sering disebut minyak tempura (天ぷら油 tempura abura?) yang merupakan sebutan untuk berbagai jenis minyak goreng seperti minyak kanola, minyak selada, atau minyak bunga matahari dapat dibeli di supermarket.

Dulu sempat booming keripik bayam ini sampai dijadikan usaha camilan yang dikemas dalam bentuk plastik-plastik kecil dengan mudah ditemukan di supermarket maupun hypermart terkenal biasanya dibagian konter khusus cemilan atau aneka snack. Inilah resep tempura sayur bayam yang dimaksud, silahkan coba bikin sendiri di rumah dan rasakan sensasinya dijamin anak-anak pada suka. Berikut resepi tempura bayam garing crispy rumahan (Homemade) sedap istimewa.





RESEP TEMPURA BAYAM


BAHAN :
  • 75 gram daun bayam yang lebar
BAHAN ADOANAN TEPUNG :
  • 1 butir telur
  • 125 ml air es
  • 150 gram tepung terigu
BAHAN SAUS :
  • 60 ml air
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1 sdm kecap jepang
CARA MEMBUAT TEMPURA BAYAM :
  1. Kocok telur hingga berbusa.
  2. Masukkan air dingin sambil diaduk.
  3. Tambahkan tepung sambil diayak dan diaduk rata.
  4. Celupkan daun bayam ke dalam adonan dasar tepung.
  5. Goreng hingga matang.
  6. Buat saus, rebus bahan saus hingga mendidih.
TIPS & TRICKS :
  • Sayur bayam untuk dibuat tempura atau rempeyek bayam atu keripik bayam, sebaiknya pilih daun bayam yang lebar.
  • Goreng diatas api agak kecil supaya peyek bayamnya renyah crispy.
  • Agar supaya tempura bayam awet tahan lama kerenyahannya simpan dalam wadah penyimpanan stopless yang rapat atau menggunakan wadah penyimpan makanan tupperware.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT TEMPURA BAYAM RENYAH