CARA MEMBUAT BANDREK BANDUNG ASLI ENAK

Resep Bandrek Bandung Original Sederhana Spesial Asli Enak. Bandrek dan Bajigur minuman hangat tradisional ini biasanya disajikan bersama makanan serba rebus dan kue kukus, seperti, kacang rebus, ubi rebus, klepon, singkong rebus, dan lain sebagainya dalam satu gerobak Abang-abang penjual Bajigur. Minuman hangat ini berbeda pada penyajiannya walaupun sama-sama minuman jahe, bajigur ditambah dengan sedikit kolang-kaling (atau biasa disebut cangkaleng dalam Bahasa Sunda) yang diiris tipis dengan kandungan santan dan teh kopi bubuk. Bandrek Sunda berbeda dengan Bandrek Padang atau Minang, apalagi dengan Bandrek Bengkulu.

Foto Resep Bandrek Bandung Asli Enak
Gambar Bandrek Bandung Asli

Minuman panas bandrek dan bajigur biasanya paling pas untuk dinikmati dikala turun hujan ataupun cuaca dingin yang mana sebentar lagi Bandung, Jawa Barat akan sering turun hujan pada bulan nopember sampai bulan april 2016 adalah musim hujan cocok ada lagu November Rain. Selain lezat kedua minuman ini juga menyehatkan yang memiliki khasiat dan manfaat lebih selain dapat menghangatkan badan atau tubuh, juga bisa mengurangi kelelahan, meredakan batuk, pilek dan flu, serta badan akan terasa lebih enteng setelah kita meminum minuman ini. namun dibalik itu semua, biasanya masih ada orang yang sulit membedakan perbedaan diantara 2 minuman ini. Agar supaya tidak bingung lagi apa perbedaan antara bandrek dan bajigur. Mari kita kupas tuntas perbedaannya.

Minuman panas ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan bajigur, yang membedakan cuma bahan dasarnya. Kalau pada bandrek bahan dasarnya sederhana cukup jahe, gula merah, dan daging kelapa, atau jika sesuai bisa dicampur dengan rempah juga, rempah - rempah tersebut ditambahkan untuk memperkuat efek hangat yang diberikan bandrék, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya.

Fenomena sekarang ini, Bajigur dan bandrek banyak dibuat dalam bentuk instan berupa bubuk yang tinggal diseduh menggunakan air hangat, tujuannya agar bisa dinikmati secara praktis kapanpun dan dimanapun tanpa harus repot-repot membuat minuman ini secara tradisional.

Perkembangan bandrek sekarang ini masing-masing kota telah memiliki resep bandrek khas kota mereka, contohnya, bandrek Medan, bandrek Aceh, bandrek Padang, India, dll. Begitu juga dengan penggunaan aneka rasa dan aneka variasi bahan tambahan yang digunakan seperti ada bandrek susu, bandrek telur, bandrek susu telur, bandrek jahe merah, bandrek durian, bandrek ncc, bandrek kelapa muda.

BAJIGUR

Resep bajigur minuman khas sunda banget ini isinya didominasi santan, gula merah dan kopi bubuk plus irisan kolang kaling. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit garam dan bubuk vanili. Dibandingkan bandrek, minuman ini cenderung lebih "lembut" dan lebih manis.

Bajigur dan bandrek keduanya banyak dibuat dalam bentuk instan cepat saji berupa bubuk yang tinggal diseduh menggunakan air hangat, tujuannya agar bisa dinikmati secara praktis kapanpun dan dimanapun tanpa harus repot-repot meracik minuman bandrex ini secara tradisional. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi bandrek hangat sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis warung angkringan yang cocok untuk nongkrong.

RESEP BANDREK


Foto Bandrex Enak
Gambar Bandrek Kelapa Asli

BAHAN :
  • 100 gram jahe, bakar memarkan
  • 200 gram gula aren secukupnya, ditumbuk halus
  • 500 ml air
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sdt cengkeh
  • 1/2 sdt garam
  • 5 cm kayu manis
CARA MEMBUAT MINUMAN BANDREK ASLI :
  1. Rebus air bersama dengan bahan-bahan yang lainnya seperti gula aren, jahe, kayu manis, dan daun pandan. Jangan lupa untuk menambahkan garam dan juga cengkeh.
  2. Rebus air sampai mendidih dan aromanya menjadi harum. Sesekali jangan lupa untuk mengaduk air.
  3. Angkat air yang sudah mendidih kemudian saring.
  4. Bandrek lebih nikmat jika disajikan selagi panas dengan kacang rebus.

CARA MEMBUAT BANDREK BANDUNG ASLI ENAK