CARA MEMBUAT PEMPEK DOS TANPA IKAN LEMBUT KHAS PALEMBANG

Resep Pempek Dos Tanpa Ikan Khas Palembang Sederhana Lembut dan Empuk Langsung Goreng Spesial Asli Enak. Ada yang mengatakan kalau pempek dos Palembang ini pempek kw 2 alias pempek abal-abal harga murah meriah yang dijual oleh Abang-abang keliling atau di pasar tradisional di Palembang dan Bengkulu, serta Jambi, sebabnya harga ikan tenggiri mahal dan ikan lainnya susah untuk mendapatkannya ada juga yang mencampurnya dengan ikan teri atau udang yang penting rasanya gurih, karena hanya menggunakan bahan tepung terigu serba guna dan ada juga yang menggunakan campuran sagu tani agar kenyal seperti resep Pempek Dos Ny. Liem dan Diah Didi tapi tetap lembut dan empuk asal tahu komposisi dan pengolahan yang pas mantap.

Foto Resep Pempek Dos Pempek Tanpa Ikan Lembut dan Empuk Kapal Selam
Gambar Pempek Dos Lenjer dan Adaan

Tekstur pempek dos kampoeng tetap lembut dan empuk walau tanpa ikan dan juga gurih, karena pakai kaldu ayam atau kaldu ikan yang gurih ada sebagian yang mencampurnya dengan ikan teri dan udang untuk mendapatkan rasa gurih. Ada yang bilang yang penting cuka atau cukonyo enak maka makan pempeknyo jugo lemak nian.

Baca Juga :

Resep Pempek Sutra

Resep Pempek Cetotan

Sama halnya pempek ikan atau pempek palembang pempek dos istimewa juga bisa dibuat pempek kapal selam, pempek dos adaan, pempek kulit, pempek lenjer, pempek keriting, dan variasi empek empek lainnya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi pempek dos lembut sederhana, mudah dan praktis lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis jual aneka pempek dos takaran sendok, takaran gelas, maupun buka warung/kedap pempek dan restoran ala cafe resto cepat saji, dll.

RESEP PEMPEK DOS


BAHAN :
  • 250 ml air atau bisa air kaldu
  • 2 sendok teh garam
  • 1 1/2 sdt kaldu bubuk (bisa di skip kalau sudah pakai air kaldu)
  • 125 gram tepung terigu serba guna
  • 2 butir telur
  • 200 gram tepung tapioka/tepung sagu/tepung kanji/tepung kentang
BAHAN ISI :
  • 4 butir telur, kocok lepas
BAHAN SAUS CUKO :
  • 200 gram gula merah
  • 100 gram gula pasir- 500 ml air
  • 3 sendok makan cuka atau 100 ml air asam Jawa
BUMBU HALUS UNTUK SAUS CUKO :
  • 8 siung bawang putih
  • 5 cabai rawit merah
  • 3 cabai merah keriting
  • 1 1/2 sendok makan ebi kering
  • 1/2 sendok makan garam
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Pempek Lenjer

CARA MEMBUAT PEMPEK DOS TANPA IKAN :
  1. Siapkan panci kecil, masukkan air, garam, dan kaldu bubuk. Masak hingga air mendidih, aduk hingga bahan larut.
  2. Kecilkan api kompor, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit menggunakan tangan kiri sementara tangan kanan mengaduk cepat dengan menggunakan spatula. Sebaiknya jangan menggunakan spatula balon, karena adonan akan menggumpal di dalam kawat balon.
  3. Aduk hingga adonan kalis dan matang. Lakukan dengan cepat karena adonan cepat mengeras dan gosong.
  4. Angkat dan biarkan hingga agak hangat.
  5. Tuangkan adonan tepung yang telah hilang uap panasnya tetapi masih sedikit hangat ke dalam mangkuk mikser, tambahkan 1 butir telur kemudian kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur baik. Tambahkan lagi 1 butir telur dan teruskan mengocok hingga terbentuk adonan yang halus, bebas gumpalan. Anda juga bisa menguleninya manual dengan tangan. Jika ingin cara yang lebih mudah, masukkan semua bahan ke dalam food processor dan proses hingga adonan menjadi halus.Note: Sebaiknya kondisi adonan tepung agak hangat ketika diuleni agar mudah kalis dan halus. Tapi sebaiknya juga tidak terlalu panas supaya telur tidak matang saat dicampur ke dalam adonan.Tuangkan adonan ke dalam mangkuk, tambahkan tepung tapioka/kanji sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket ditangan.
  6. Tuangkan adonan ke dalam mangkuk, tambahkan tepung tapioka/kanji sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan. Ambil segumpal adonan, kira-kira sebesar bola ping-pong, bulatkan.
  7. Letakkan bola adonan di tangan kiri, tekan bagian tengah adonan dengan ibu jari tangan kanan hingga terbentuk cekungan. Lebarkan dan dalamkan cekungan dengan jari anda, tujuannya adalah kita akan membuat kantung diadonan agar bisa diisi dengan kocokan telur. Note: Jangan buat kantung terlalu lebar, tetapi buatlah kantung yang dalam. Mulut kantung yang lebar akan membuat kita susah untuk menutupnya ketika telah diisi telur, telur yang mengenai permukaan kantung akan membuat adonan susah lengket ketika akan ditutup.
  8. Tekan-tekan kantung agar menipis dan mau memanjang. Jika kantung telah jadi dan cukup dalam untuk menampung kocokan telur, tuangkan kocokan telur, hati-hati jangan sampai menetesi permukaan kantung adonan. Tutup kantung dan jepit dengan jari anda hingga menempel dengan baik, tekuk ujung-ujungnya agar tidak terbuka saat direbus.
  9. Masukkan pempek ke dalam air mendidih, rebus hingga matang. Pastikan untuk merebus pempek hingga telur benar-benar keras. Pempek yang telah mengapung bukan berarti telur telah matang, lanjutkan terus merebushingga pempek dan telur matang. Kira-kira membutuhkan waktu 20 menit untuk membuatnya matang atau tekandengan jari anda, jika kantung telah keras berarti telur telah matang.
  10. Goreng pempek dalam minyak panas hingga permukaannya kecoklatan,angkat dan tiriskan.
  11. Saus cuko: Siapkan panci kecil, masukkan air, gula, dan bumbu halus. Masak hingga mendidih. Matikan api dan masukkancuka ke dalamnya. Aduk rata dan cicipi rasanya. Tambahkan cuka dan gula jika rasanya kurang pas. Saring saus danbuang ampasnya.
  12. Penyajian: Potong-potong pempek yang telah digoreng, tata di mangkuk atau piring dan siram dengan saus cuko. Bisa juga dilengkapi dengan rajangan ketimun atau mentimun.

CARA MEMBUAT PEMPEK DOS TANPA IKAN LEMBUT KHAS PALEMBANG