CARA MEMBUAT KUE CUCUR GULA MERAH

Resep Kue Cucur Gula Merah Khas Manado Sederhana Spesial Asli Enak. Membuat kue cucur tanpa cetakan hanya menggunakan tangan atau sendok. Kue cucur ini masih kerabat kue basah tradisional asli Indonesia ada dua jenis kue cucur biasa tanpa serat dan kue cucur berserat dan bersarang mungkin perbedaan dalam menggunakan pengembang dan tanpa pengembang makanan. Aneka kreasi dan variasi kue cucur ini ada kue cucur berserat pandan wangi berwarna hijau. Tapi pada umumnya yang dijual oleh Abang-abang yaitu kue cucur gula merah. Nanti akan dibahas versi lainnya, diantaranya resep kue cucur gula pasir dan kue cucur pandan hijau warna ijo, kue cucur khas bandan Bengkulu, kue cucur bersarang tanpa mixer, kue cucur Madura, dll.

Foto Resep Kue Cucur Gula Merah Khas Manado
Gambar Kue Cucur Gula Merah

Menurut situs Wikipedia. Kue Cucur atau Cucur adalah jajanan khas suku Betawi yang berasal dari wilayah barat pulau Jawa (kini merupakan bagian dari provinsi Jakarta, provinsi Banten, dan provinsi Jawa Barat). Kue ini terbuat dari tepung beras dan gula jawa atau gula aren yang digoreng. Kue Cucur memiliki bentuk yang cenderung tebal menggembung seperti gunung di bagian tengah dan tipis di bagian pinggirannya. Dalam leluri suku Betawi, jajanan ini termasuk salah satu makanan adat yang kerap dihidangkan dalam upacara-upacara adat budaya Betawi.

Wilayah bagian barat Jawa (kini terdiri dari provinsi DKI Jakarta, provinsi Banten, dan provinsi Jawa Barat) tahun 1718 — Lokasi asal muasal Kue Cucur Secara umum, kue tradisional masyarakat Betawi ini dapat ditemui di pasar-pasar tradisional di seluruh daerah di Indonesia, khususnya di area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dan sekitarnya. Di berbagai daerah Indonesia, Kue Cucur juga dikenali dengan beragam nama atau sebutan lain, seperti Pinyaram, Panyaram, atau Paniaram (oleh suku Minangkabau di Sumatra Barat), Dumpi (oleh suku Mandar di Sulawesi Barat), Kucur atau Kocor (oleh suku Madura dan Kangean di Madura dan Kepulauan Kangean, maupun masyarakat di provinsi Jawa Timur pada umumnya), dan lain sebagainya. Dikarenakan faktor perdagangan dan kekuasaan kerajaan-kerajaan kuno Indonesia pada zaman dahulu, Kue Cucur menyebar dari Indonesia hingga dikenali di wilayah maritim Asia Tenggara, di Brunei kue ini disebut sebagai Penyaram, di Malaysia kue ini dikenali dengan nama Kuih Cucur Jawa atau Cucur Jawa, sedangkan di Thailand dikenali sebagai Khanom Cūcùn (ขนมจู้จุน), Cūcùn (จูจุ่น) atau Cūcùn Yawā (จูจุ่นยะวา).

Kata "cucur" diambil dari istilah dalam bahasa Betawi-Sunda yang diserap dari perkataan dalam bahasa Jawa "cucur" ataupun "kucur" yang memiliki arti "pancuran" atau "kucuran" yang merujuk pada teknik pembuatan Kue Cucur.

Kue Cucur atau Cucur adalah salah satu makanan kue basah tradisional Indonesia jadi dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, tetapi khusus di daerah Jakarta (Betawi) makanan ini termasuk makanan adat artinya pada upacara-upacara adat budaya Betawi, cucur wajib dihidangkan dan disajikan. Rasanya manis, gurih, empuk dan lembut di tengah dibagian yang menggelembung dan renyah di bagian pinggirnya. Cara membuat kue ini cukup di goreng dalam minyak goreng. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih cucur gula merah bersarang super lembut dan empuk takaran sendok sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kue cucur ala Abang-abang pakai gerobak di pinggir jalan kaki lima atau dijual di lapak kue basah dan jajanan serba ada.

RESEP KUE CUCUR


BAHAN :
  • 100 gram tepung beras
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram gula Jawa atau gula merah
  • 50 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm kayu manis
  • 100 ml air
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Kue Cucur Berserat

CARA MEMBUAT KUE CUCUR GULA MERAH :
  1. Campurkan bahan jadi satu tepung beras, terigu dan garam) Rebuslah gula jawa, gula pasir dengan air setelah larut, diamkan sampai agak dingin, tambahkan kayu manis ke campuran tepung tadi.
  2. Campurkan larutan gula ke dalam bahan kering, aduk-aduk rata selama 10 menit (aduknya sambil kaya dipukul- pukul).
  3. Sendokan ke adonan, bisa juga pakai tangan. diamkan selama minimal 1 jam (saia 1 jam 30 menit).
  4. Goreng dengan minyak panas sambil minyaknya disiramkan ketengah biar tengahnnya menggelembung.
  5. Sajikan.

CARA MEMBUAT KUE CUCUR GULA MERAH