CARA MEMBUAT ES PALU BUTUNG ENAK KHAS MAKASSAR

Resep Es Palu Butung Khas Makassar Sederhana Dapur Warna Spesial Asli Enak. Minuman segar ini terbuat dari pisang yang sudah dipotong-potong, dimasak dengan santan yang diberi tepung terigu, gula pasir, vanili, serta sedikit garam dan disajikan dengan es serut dan sirop merah.

Keluarga terbaru dari sajian es milik daerah Makassar, Sulawesi Selatan ini terbuat dari pisang kukus yang ditambahkan susu dan santan. Rasanya segar dan sangat cocok diminum saat siang hari cuaca panas, untuk mengusir dahaga atau bisa juga sebagai minuman berbuka puasa. Sekilas keduanya sama, namun ternyata terdapat perbedaannya. Ujar Dapur Warna Trans7.

Foto Resep Es Palu Butung Khas Makassar Sederhana Dapur Warna Asli Enak
Gambar Es Palu Butung Makassar Sederhana

Bahan dasar yang digunakan kedua es ini sama, yaitu pisang raja atau pisang kepok yang sudah matang untuk versi original varian. Kemudian pisang dikukus dan dipotong-potong. Menyajikannya juga mudah. Anda hanya perlu menyusunnya di piring atau mangkuk, setelah itu tambahkan vla yang terbuat dari tepung beras. Untuk menambahkan rasa gurihnya, tambahkan sirup dan susu. Semua proses pembuatan kedua es ini sama, Lantas apa beda es palubutung dan Es pisang ijo?

Perbedaannya terletak pada pembungkus adonan kulit pisangnya. Jika resep es pisang ijo dibalut bungkusan adonan berwarna ijo lalu dikukus, maka es palu butung tidak dibungkus dengan adonan. Itulah alasan mengapa es ini diberi nama es pisang ijo. Adonan pembungkus pisang ijo ini terbuat dari tepung beras yang dicampur santan serta kombinasi air daun suji dan daun pandan wangi untuk memberikan warna hijau pada adonan dasar. Namun bisa saja pada resep ini digabung atau di kombinasi menjadi resep es palu butung pisang ijo untuk dijual pasti laris manis.

Nah, selain itu masih ada perbedaan lagi antara kedua es khas Makassar ini, yaitu pada jenis pisangnya. Es pisang ijo biasanya menggunakan pisang kepok, sementara es pallu butung menggunakan pisang raja. Namun ada juga msyarakat yang membuatnya dengan kedua jenis pisang ini. Memang tidak masalah namun rasanya akan berbeda dan kurang sempurna. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi ais palu butung sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka es palu butung di kota Anda seperti Surabaya, Bandung, Jakarta, dll.

RESEP ES PALU BUTUNG


BAHAN :
  • 6 buah pisang kepok yang tua dan matang
  • 40 gram tepung beras
  • 600 ml santan dari 1/2 btr kelapa
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lbr daun pandan, ikat
  • 60 gram gula pasir
  • 80 gram sirup warna merah
  • 400 gram es serut
CARA MEMBUAT ES PALU BUTUNG :
  1. Kukus pisang hingga matang. Angkat lalu potong-potong melintang setebal 1 cm, sisihkan.
  2. Cairkan tepung beras dengan 600 ml santan, aduk rata. Masak sisa santan bersama garam, daun pandan, dan gula pasir hingga mendidih dan gula larut.
  3. Masukkan larutan tepung ke dalam santan mendidih, aduk terus supaya tidak menggumpal. Masak sampai halus, licin, dan matang, angkat.
  4. Cara menghidangkan: dalam mangkuk taruh irisan pisang dan bubur tepung, beri es serut dan sirup merah. Hidangkan.
  5. Sajikan untuk 4 porsi.

Tags :

CARA MEMBUAT ES PALU BUTUNG ENAK KHAS MAKASSAR