CARA MEMBUAT ABON IKAN TONGKOL PEDAS GURIH

Resep Abon Ikan Tongkol Pedas Gurih Sederhana Spesial Santan Asli Enak. Tidak hanya daging ikan tongkol yang bisa dibuat makanan abon tapi ikan tuna, ikan cakalang, ikan lele, ikan gabus, ikan bandeng, ikan nila, ikan patin, dan daging ikan jenis lainnya, yang penting perlu diperhatikan ukuran ikan besar dan banyak dagingnya, jangan sampai memilih ikan kecil dan banyak tulang seperti ikan teri pasti kesulitan untuk mensuwir-suwir ikan teri ya kan?. Anda bisa membuat abon ikan pakai santan gurih atau tanpa santan yang jelas hasilnya beda.

Foto Abon Ikan Tongkol Tanpa Mesin Ala Rumahan Asli Enak
Gambar Abon Ikan Tongkol Pedas Gurih

Sajian lezat abon dari ikan tongkol gurih ini sangat istimewa dengan racikan bumbu khusus sehingga cocok untuk teman makan nasi. Abon biasanya terbuat daging sapi, ternyata abon bisa dibuat dari ikan juga. Selain ikan tongkol abon juga bisa dibuat dari ikan tuna, ikan gabus, ikan tenggiri, ikan lele, ikan bandeng, udang, belut, ikan cakalang, dll. Itulah macam - macam jenis abon ikan dari jenis ikannya.

Aneka olahan abon dari ikan ini banyak sekali varian dan variasinya dengan aneka rasa manis, asin, pedas, pedas manis, dll. Menurut situs Wikipedia pengertian abon adalah makanan yang yang terbuat dari serat daging hewan. Penampilannya biasanya berwarna cokelat terang hingga kehitam-hitaman dikarenakan dibumbui kecap. Abon tampak seperti serat-serat kapas, karena didominasi oleh serat-serat otot yang mengering yang disuwir-suwir. Karena kering dan nyaris tak memiliki sisa kadar air, abon biasanya awet disimpan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan yang kedap udara.

Selain terbuat dari bahan dasar daging (sapi, ayam, kambing, kuda, babi, kelinci, kambing, dan domba), ada beberapa abon yang pembuatannya memakai bahan dasar dari makanan laut, seperti ikan tuna, ikan lele, ikan tongkol, belut, dan udang.

Abon biasanya dimakan sebagai lauk taburan di atas nasi, mie pangsit atau bubur ayam, atau sebagai isi lemper abon dan biasa pula dimakan langsung seperti memakan atau mengkonsumsi camilan (cemilan). Di Indonesia, daging yang biasa digunakan untuk membuat abon berasal dari daging sapi, sehingga orang mengenal 'abon sapi'. Selain daging sapi, bahan lain yang digunakan adalah ayam, babi, ikan, Kuda, dan kambing. Di China, abon yang paling lazim adalah abon yang terbuat dari daging babi yang disebut Chousong. Sentra pembuatan abon sapi di Indonesia saat ini ada di daerah Boyolali, Solo/Surakarta, Ngawi, Nganjuk, Salatiga, Magelang dan beberapa daerah lain sekitarnya (sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur). Produksi abon sapi juga bisa di temui di kota Palembang dan Pontianak. Sedangkan sentra pembuatan abon dari daging babi celeng banyak terdapat di daerah Bali, Sulawesi Utara dan Sumatera Utara.

Biasanya sajian sedap abon terbuat dari bahan daging sapi, ayam, dan maaf babi nanti kita bahas pada artikel selanjutnya dalam membuat abon bisa pakai mesin atau tanpa mesin seperti abon ikan ala rumahan ini. Pada kesempatan kali ini kita bikin abon sendiri ala rumahan dari bahan dasar ikan tongkol yang lezat. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi abon ikan tongkol gurih pedas manis aneka rasa sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi makan sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka abon ikan dan abon daging dijual dengan harga murah meriah pasti laris manis.





RESEP ABON IKAN TONGKOL GURIH PEDAS


BAHAN :
  • 1 kg ikan tongkol segar
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 2 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
  • 5 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 300 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 2 sdt garam
  • 1 sdm gula merah sisir
  • 1 sdm air asam dari 1 sdt asam dilarutkan dalam 1 1/2 sendok makan air
  • 5 sdm bawang merah goreng
BUMBU HALUS :
  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 7 buah cabai merah keriting
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 1 sdt merica
  • 1/2 sdm ketumbar
  • 4 butir kemiri, disangrai
CARA MEMBUAT ABON IKAN TONGKOL :
  1. Lumuri ikan tongkol dengan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit. Cuci bersih.
  2. Lumuri ikan tongkol dengan garam. Kukus 25 menit sampai matang.
  3. Buang tulang dan kulitnya. Suwir-suwir kasar dagingnya. Sisihkan.
  4. Panaskan minyak.Tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, serai, dan daun jeruk sampai harum. Masukkan santan, garam, dan gula merah. Masak sampai kental.
  5. Tambahkan daging ikan. Aduk sampai setengah mengering. Masukkan air asam. Aduk-aduk sampai kering.
  6. Masukkan bawang merah goreng. Aduk rata.
  7. Sajikan untuk 450 gram.

CARA MEMBUAT ABON IKAN TONGKOL PEDAS GURIH