CARA MEMBUAT URAP SAYUR ENAK

Resep Sayur Urap Sederhana Spesial Asli Enak. Pada gambar saya masak urap sayuran sunda matang, Khas Jawa Barat dengan ciri khas kencur dengan bumbu urap yang pedas, untuk rasa yang lebih pedas lagi boleh tambahkan cabai rawit atau cabe pedas sesuai selera. Bagi Anda penggemar makan makanan vegetarian makanan urap ini cocok untu Anda coba dan nikmati sebagai makanan sehari-hari bersama nasi. Bagi yang bukan penganut vegetarian juga bagus makan sayur-sayuran selain bergizi juga bagus untuk pencernaan. Jangan makan daging, ayam dan ikan terus sesekali makanlah sayur urap dengan sayur mayur segar ini atau bisa gunakan sebagai makanan pendamping makanan lain.

Foto Urap Sayuran Komplit Lengkap
Gambar Sayur Bayam Diganti Kangkung Wortel

Jadi sama saja masalah nama mau urap sayuran atau sayur urap ada juga yang menyebutnya urap urap dibolak-balik sama aja atau sayuran bumbu kelapa parut. Masalah sayur-sayuran pun Anda boleh menambah atau menghilangkan sebagian sayur, misalkan sayur urap kacang panjang, kalau sayur urap khas bali mungkin namanya serombotan itu yang khas klungkung yang paling enak dengan kelapa parut bakar. Urap sayur mentah. Di Jawa ada urap jantung pisang dengan bumbu urap jawa. Ada sayur urap ncc, urap sayur sajian sedap, Urap sayur keluarga nugraha resep ala apapun yang penting rasanya lezat.

Sayuran yang lazim digunakan sebagai bahan urap urapan komplit antara lain; bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya muda, kacang panjang, taoge/tauge, jantung pisang, wortel dan kol kubis. Semua sayur-mayur ini masak direbus atau dikukus. Kebanyakan rumah tangga memilih menggunakan kelapa parut segar yang masih kaya santan, daripada kelapa parut ampas santan, karena kelapa parut segar memberikan rasa yang kaya dan gurih. Kelapa parut ini dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah yang dihaluskan, air asam jawa, kencur, garam, dan gula jawa.

Urap (kadang dieja urab atau disebut jamak urap-urap) adalah hidangan salad berupa sayuran yang dimasak dengan cara direbus yang dicampur dengan kelapa parut yang diberi bumbu urap yang khas sebagai pemberi citarasa sajian sedap. Urap lazim ditemukan dalam masakan Indonesia, akan tetapi jika ditelusuri, urap berasal dari khazanah masakan Jawa, yaitu Jawa Tengah, Jawah Timur dan Yogyakarta (Jogja). Resep masakan Urap sama sekali tidak mengandung daging, dan dapat dimakan begitu saja sebagai makanan vegetarian atau sebagai sayuran teman nasi sebagai bagian dari hidangan lengkap. Urap biasanya merupakan syarat atau hidangan penting sebagi sayur pengiring dan pelengkap tumpeng Jawa. Urap juga lazim disajikan bersama nasi kuning di daerah tertentu di Indonesia. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi urap urap sayur kangkung campur (mix) yang paling sedap dimakan bersama nasi putih sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis warung nasi, rumah makan dan juga restoran ala cafe resto cepat saji.

RESEP SAYUR URAP KUKUS MATANG

Gambar Urap Sayuran Bayam

BAHAN :
  • 6 lonjor kacang panjang, dipotong 2 cm
  • 3 lembar kol kubis, dipotong lebar 1/2 cm
  • 75 gram taoge
  • 1 ikat bayam, disiangi
  • 1 ikat daun singkong (Saya tidak pakai)
BAHAN SAMBAL KELAPA :
  • 300 gram kelapa parut kasar
BUMBU HALUS :
  • 6 buah cabai merah keriting
  • 3 siung bawang putih
  • 3 cm kencur
  • 6 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 1 1/4 sendok teh garam
  • 4 sendok teh gula merah sisir
CARA MEMBUAT URAPA SAYURAN ENAK :
  1. Rebus masing-masing sayuran di dalam 500 ml air mendidih beri 1 sendok teh garam atau sejumput garam.
  2. CARA MEMBUAT BUMBU SAMBAL KELAPA : aduk rata kelapa parut dan bumbu halus.
  3. Kukus 25 menit sampai matang. Angkat.
  4. Campur sambal kelapa dengan kacang panjang, kol, taoge, bayam, dan daun singkong. Aduk-aduk rata.
  5. Sajikan untuk 3 porsi

CARA MEMBUAT URAP SAYUR ENAK