CARA MEMBUAT MANISAN KOLANG KALING


Resep Manisan Kolang Kaling Sederhana Spesial Asli Enak. Buah atau biji kolang-kaling memang enak dijadikan manisan basah dan juga manisan kering yang lembut dan empuk. Manisan kolang kaling manis bisa dibuat polos warna alami putih atau berwarna menggunakan pewarna makanan, sekarang yang sedang trend adalah menggunakan warna fanta merah, kuning dan hijau, atau sirup marjan, ABC, sirup kurnia, dll.

Foto Manisan Kolang-kaling Bergizi dan Berkhasiat Asli Enak
Gambar Manisan Kolang Kaling

Kolang kaling in english sugar palm fruit terbuat dari apa? dari biji buah pohon aren yang berbentuk pipih dan bergetah dan getahnya bisa menyebabkan gatal pada kulit. Cara mengolah membuat kolang-kaling, para pengusaha atau pebisnis kolang kaling biasanya membakar dulu buah aren sampai hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam. Biji yang sudah direbus tersebut lalu direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga proses terfermentasikan. Kolang-kaling banyak digunakan sebagai bahan campuran beraneka jenis makanan kolak atau minuman segar es campur dan es kolang kaling ncc, yang menjadi primadona sebagai salah satu bahan campuran dari Resep Aneka Menu Takjil Berbuka Puasa karena dapat memberikan rasa segar, bahkan baik untuk membantu memperlancar kerja saluran pencernaan manusia. Selain itu juga dapat diolah menjadi cemilan enak sehari-hari berupa manisan kolang kaling basah dan manisan kolang kaling kering. Pilihlah kolang kaling kualitas baik dengan tekstur lembut dan empuk atau tidak keras untuk pembuatan manisan kolang kaling betawi. Hati-hati juga banyak kolang kaling palsu beredar. Secara garis besar khasiat dan manfaat kolang kaling akan dipaparkan sederhana dan dibahas pada artikel lengkap di bawah ini.

KHASIAT DAN MANFAAT KOLANG KALING


Cemilan bernama kolang-kaling praktis ini, disebut caruluk / ceruluk (dalam Bahasa Sunda) dan beluluk di sumatera selatan dan bengkulu memiliki berbagai macam khasiat dan manfaat untuk kesehatan, diantaranya untuk ibu hamil, untuk obat asam urat,

1. Melancarkan Pencernaan

Melancarkan sistem pencernaan manusia, bagi orang yang memiliki masalah susah buang air besar atau masalah pencernaan dan tidak ingin mengkonsumsi obat atau minuman pelancar pencernaan yang mengandung bahan kimia, dapat kolang-kaling yang terbuat dari bahan alami untuk melancarkan pencernaan, karena dengan mengkonsumsi 5 – 10 butir setiap harinya dapat mencukupi kebutuhan serat bagi tubuh dan 39 % serat kasar dalam kolang-kaling mampu melancarkan proses pembuangan air besar. Selain itu kolang-kaling dapat digunakan orang yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Hal ini dikarenakan kandungan karbohidratnya yang tinggi lebih lama dicerna oleh perut sehingga dapat menyimpan energi lebih lama di dalam perut sehingga kolang-kaling dapat dijadikan cemilan sehat bagi orang yang sedang diet sehat.

2 Mengatasi Penyakit Radang Sendi

Bila anda merasakan persendian anda sakit atau kaki anda sakit ketika menaiki tangga, bisa jadi anda mengalami penyakit radang sendi, dan untuk mengatasi radang sendi mungkin anda bisa mencobanya dengan mengkonsumsi kolang-kaling dengan cara yang tepat dan teratur. Kandungan 52,9 % karbohidrat pada kolang-kaling ini ternyata mampu memberikan efek analgesik atau pereda sakit sehingga dapat mengurangi rasa sakit akibat radang sendi, dan untuk mendapatkan manfaat kolang-kaling.

Sedangkan untuk radang sendi ini si penderita dapat mengkonsumsi 100 hingga 200 gram kolang-kaling setiap harinya tanpa gula, namun jika tidak terbiasa dengan kolang-kaling tanpa rasa manis, anda bisa mencobanya dengan kolang-kaling yang direbus menggunakan pandan, jahe atau kayu manis sebagai pengganti gula sehingga kita dapat mengkonsumsi kolang-kaling tanpa perlu menambahkan kadar gula dalam tubuh.

3 Memperkuat Tulang

Manfaat untuk tulang, jika selama ini kita begitu yakin susu adalah sumber kalsium yang bagus untuk tulang kita, namun tahukah anda kolang kaling pun memiliki kandungan kalsium yang cukup besar, jika kita bandingkan dalam 100 gram kolang kaling mengandung 91 mg kalsium, sedangkan dalam susu sapi murni terdapat 125 mg kalsium jika dihitung kandungan kalsium dalam kolang-kaling lebih rendah sedikit 34 mg setiap 100 gramnya.

Namun meskipun demikian jika kita hanya mengandalkan susu yang berkalori tinggi sebagai sumber kalsium kita, maka bobot berat badan kita pun bisa bertambah, hal ini dapat memacu pada kegemukan dan sendi akan semakin sakit karena tulang tidak kuat menyangga tubuh. Jadi kolang kaling bisa menjadi cemilan yang sehat sekaligus sumber protein yang aman bagi anda yang ingin menjaga berat badan.

4. Membuat Tubuh Segar dan Fit

Dibalik rasanya yang enak ternyata banyak juga vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita, diantaranya yaitu kandungan vitamin A, vitamin B dan vitamin C yang mampu menyegarkan tubuh sekaligus memperlancar proses metabolisme dalam tubuh.

Menurut penelitian kadar air dalam kolang-kaling dapat mencapai 94 %, kandungan air inilah yang dapat membuat kita segar setelah memakan kolang kaling. Selain itu tingginya kandungan mineral seperti kalsium, besi dan fosfor di dalam kolang kaling juga berkhasiat menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat. Sedangkan untuk manisan kolang kaling recipe mudah lihat di bawah ini. Berikut resepi manisan kolang kaling lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang mudah dan praktis.





RESEP MANISAN KOLANG KALING


BAHAN :
  • 1 kg kolang-kaling
  • 600 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • Air bekas cucian beras secukupnya
  • 2 buah jeruk nipis
  • 1 liter air
  • Pewarna makanan alami secukupnya, boleh warna-warni merah, hijau, kuning, dll sesuai selera pilihan warna atau bisa tanpa warna alias warna alami atau warna original. Boleh menggunakan resep simple syrup atau sirup berwarna. Bisa juga menggunakan fanta warna.
CARA MEMBUAT MANISAN KOLANG KALING :
  1. Jeruk nipis diambil airnya. Kolang-kaling di lumuri dengan air jeruk nipis sambil diremas-remas agar kolang-kaling tidak berlendir. Didiamkan se bentar, kemudian dicuci dengan air bersih, dan ditiriskan.
  2. Kolang-kaling direndam dalam air bekas cucian beras sekitar 1 jam. Dengan direndam seperti ini, buah menjadi lebih kesat dan berwarna putih. Selanjutnya, dibilas kembali dengan air bersih.
  3. Gula pasir, air, dan daun pandan direbus hingga mendidih. Kemudian, pewarna merah ditambahkan secukupnya.
  4. Kolang-kaling direndam dalam air gula berwarna merah selama 3 malam dan disimpan di tempat yang dingin atau di kulkas.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT MANISAN KOLANG KALING