CARA MEMBUAT KUE GUNJING

Resep Kue Gunjing Lembut Sederhana Spesial Asli Enak. Kue Gunjing atau kue gonjing adalah kue basah tradisional jajanan pasar khas Rejang, Bengkulu, yang terbuat dari tepung beras dan tepung ketan, kelapa parut, tape ( bisa tape dari ubi kayu atau tape dari beras ketan/beras yang diberi ragi ) yang dimasak dengan cara dipanggang di cetakan khusus yang bernama cetakan gunjing. gunjing atau kue gonjing memiliki dua rasa istimewa ada yang gurih yaitu gunjing putih dan manis yang berwarna merah ( gunjing merah ), dimana gunjing merah dalam adonannya di tambahkan gula merah, kue gunjing sepintas mirip dengan resep kue pukis namun perbedaan nya sangat jelas yaitu pada cetakan dan rasanya, gunjing terasa lebih padat dan bentuknya terlihat tebal dan berisi tapi teksturnya tetap lembut dan empuk.

Foto Kue Gunjing Rasa Original Istimewa Asli Rejang Curup
Gambar Gunjing Putih Rasa Asin Gurih

Perbedaan dengan kue gunjing jawa terletak pada tape atau tapai tadi kalau kue gunjing itu tanpa tape, sedangkan gunjing Rejang Lebong, Kepahyang, Curup, Palembang, Sumatera Selatan, dan lintang empat lawang muara pinang dusun babatan rasanya lebih spesial menggunakan tape terkadang menggunakan duren untuk yang rasa manis, memang kue gunjing memiliki varian dua rasa, rasa asin gurih dan rasa manis legit.

Jika musim durian tiba hore kue gunjing merah ini di tambahkan dengan durian Asik, sehingga rasa dan aromanya berasa durian. Proses pembuatan gunjing khususnya dalam pembuatan adonan perlu kehati-hatian, karena bila tidak hati-hati dalam memberikan tapenya, gunjing akan terasa asam / kecut. namun sekarang banyak gunjing yang dicetak dengan cetakan kue pukis atau resep kue cubit sehingga bentuknya tidak seperti gunjing-gunjingan asli khas rejang.

Foto Resep Kue Gonjing Pandan Ijo Manis
Gambar Kue Gonjing Pandan Hijau

Kue gunjing sudah menjadi menu sarapan sehari-hari di pagi hari teman minum kopi hitam bagi masyarakat curup/rejang, kepahiang, bengkulu, pagar alam, palembang, lubuk linggau, dll, jika di sunda, bandung, jawa barat ada resep kue pancong. duduk diberanda ditemani dengan segelas kopi panas dan gunjing itulah ciri khas masyarakat rejang dulu dalam menikmati sarapan paginya sebelum berakangkat beraktifitas berdagang di pasar dan di kalangan, berkebun dan profesi lainnya. Tertarik untuk bikin kue gunjing sederhana ala rumahan? Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih gonjing sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal tanpa ribet yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kue basah tradisional daerah jajanan pasar.

RESEP KUE GUNJING


BAHAN :
  • 125 gram atau 1 gelas tepung beras
  • 65 gram atau 1/2 gelas tepung ketan
  • 1 butir kelapa, parut kasar
  • 1 sendok teh garam
  • 250 cc atau 1 gelas air
CARA MEMBUAT KUE GUNJING :
  1. Campur tepung beras, tepung ketan, kelapa parut, dan garam. Aduk rata.
  2. Tuang air sedikit-sedikit sambil diaduk sampai rata dan menjadi adonan yang licin.
  3. Tuang ke loyang 18x4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
  4. Oven 45 menit dengan suhu 180 derajat Celsius sampai matang atau tanpa oven panggang dengan cara tradisional di dalam cetakan gunjing bisanya terbuat dari kuningan.
  5. Sajikan untuk 12 potong.

CARA MEMBUAT KUE GUNJING