CARA MEMBUAT ES ROCA TIMUN MUDA PENCEGAH KOLESTEROL NAIK

Resep Es Roca Timun Muda Sederhana Spesial Asli Enak. Bikin Minuman es roco mentimun atau es roca timun, cegah kolesterol naik setelah makan aneka olahan serba daging kambing dan sapi. Mengonsumsi daging kambing dan daging sapi secara berlebihan akan menyebabkan kolesterol dan tensi darah naik. Jika terjadi hal ini akan membuat kesehatan tubuh kita jadi terganggu.

Agar supaya terhindar dari gangguan kesehatan, seperti peningkatan kolesterol atau tensi darah tinggi selama mengkonsumsi daging kambing atau daging sapi pada Hari Raya Idul Adha Lebaran Haji, buah timun menjadi buah yang cocok jadi pendamping untuk menu olahan daging kambing tersebut.

Foto Minuman Roca Timun Asli Enak Cegah Kolesterol
Gambar Es Roca Timun

Sebagaimana Okezone kutip dari resep masakan dan resep minuman yang dimuat pada buku 1500 Resep Minuman Laku Dijual, karya Indriani, disana ada cara membuat minuman roca timun atau roco timun atau mentimun atau buah ketimun yang segar dan bermanfaat.

Roca timun atau roco timun adalah minuman tradisional asal Sumatera Utara yang terbuat dari ketimun dengan sirup gula merah yang telah direbus dengan daun pandan. Rasanya yang manis dan segar pas untuk disajikan waktu siang hari. Apalagi jika ditambahkan es serut semakin menyegarkan.

Terlepas dari pro dan kontra jangan minum es setelah makan daging kambing atau daging sapi sebaiknya minum air hangat terlebih dahulu setelah beberapa jam atau sekarang saja buat minuman ini, kan sudah lama makan daging gulai kambing dan sate kambingnya sudah larut pula lemaknya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi ais roca timun anti kolestrol sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis warung nasi, warung sate, rumah makan, maupun buka restoran ala cafe resto cepat saji.

RESEP ES ROCA TIMUN


BAHAN :
  • 300 gram kelapa muda, serut panjang
  • 350 gram mentimun, buang biji, potong dadu
  • 600 ml air kelapa muda
  • 250 gram es serut (bila perlu)
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Sate Kambing

BAHAN SIRUP GULA MERAH :
  • 200 ml air
  • 300 gram gula merah, sisir halus
  • 1/4 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
CARA MEMBUAT ROCA TIMUN :
  1. Sirop gula merah : rebus air, gula merah, garam dan daun pandan sampai gula larut. Saring dan dinginkan.
  2. Susun dalam gelas tinggi, sirop gula, kelapa muda dan mentimun. Tambahkan es serut lalu tuangkan air kelapa hingga gelas hampir penuh.
  3. Sajikan segera.

Menurut Solopos Berita Resep Masakan :

Namun begitu, sebelum membuat roca timun, ada baiknya Anda simak dua pendapat soal penggunaan es sebagai minuman setelah makan daging kambing.

Chief Executive Officer (CEO) Kelana Rasa Culinary, Arie Parikesit mengatakan cara paling baik untuk menikmati kambing adalah menyeimbangkan unsur. Menurutnya, seharusnya ada konsep keseimbangan setiap mengkonsumsi makanan, termasuk kambing.

“Daging kambing itu kan punya unsur panas, jadi sebaiknya disembangkan dengan yang dingin. Timun sangat baik apalagi jika diolah menjadi minuman dengan es,” ujar Arie, sebagaimana Solopos.com lansir Kamis (24/9/2015).

Sedangkan fakta lain diungkap juru masak jebolan Master Chef Indonesia, Brian. Menurutnya, setelah menyantap olahan kambing, sebaiknya jangan langsung minum es.

“Aneka Olahan kambing biasanya sangat berlemak. Ketika es masuk ke dalam tubuh nanti lemaknya malah menggumpal,” jelas Chef Brian dikutip Solopos.com dari Okezone, Kamis.

CARA MEMBUAT ES ROCA TIMUN MUDA PENCEGAH KOLESTEROL NAIK