CARA MEMBUAT ADONAN CELUPAN TEPUNG

Resep Adonan Celupan Tepung Crispy Sederhana Spesial Asli Enak. Masih lanjutan membuat adonan dasar celupan fried chicken crispy disini kita perlu membuat adonan yang berfungsi untuk celupan ayam goreng krispi. Adonan dasar tepung crispy telah kita buat pada artikel sebelumnya. Nanti bisa dilihat di link bawah.

Gorengan berbalut tepung baru dipopulerkan tahun 1976 oleh Roscoe's House of Chicken and Waffles di Amerika. Selain bahan makanan yang bervariasi, adonan celupan dan lapisan luar tepung juga beragam.

Foto Adonan Dasar Celupan Tepung Krispi Renyah
Gambar Adonan Celupan Tepung Crispy

Tepung berperan penting dalam gorengan. Bisa dibuat adonan dasar untuk celupan bahan makanan atau sebagai tepung kering pelapis luarnya. Inilah beragam jenis tepung yang biasa dipakai untuk gorengan.

1. Tepung Terigu

Kata terigu berasal dari bahasa Portugis, trigo yang berarti gandum. Selain terkenal sebagai bahan dasar pembuat kue dan mie, adonan tepung terigu yang karakteristiknya lebih halus banyak dipakai dalam gorengan bertesktur lembut seperti mendoan.

2. Tepung Beras

Seperti namanya, tepung ini memang terbuat dari beras baik yang putih atau merah. Walaupun banyak dibuat sebagai bahan pembuat kue, tepung beras banyak dicampurkan bersama tepung terigu untuk membuat adonan celupan supaya tekstur gorengan lebih renyah dan garing.

3. Tepung Panir

Biasa dikenal dengan nama tepung roti, jenis tepung ini terbuat dari roti tawar kering yang ditumbuk agak kasar. Di Jepang, tepung ini disebut panko yang digunakan untuk melapisi hidangan katsu dan ebi furai dengan karakteristik lapisan luar yang renyah. Kini tepung ini dijual dengan pilihan warna oranye kuning dan putih polos.

4. Tepung Tapioka

Tepung yang terbuat dari singkong ini banyak dikenal sebagai bahan perekat makanan seperti bakso. Untuk mendapatkan hidangan gorengan yang renyah, ampurkan satu sendok teh tepung kanji dalam 3-5 sendok makan tepung terigu untuk adonan celupan.

5. Tepung Maizena

Tepung ini terbuat dari jagung dan pemakaiannya dalam gorengan harus dalam jumlah cukup untuk menghindari tekstur gorengan yang terlalu keras. Campuran tepung maizena dan terigu biasanya dipakai untuk celupan pertama lalu kembali digunakan sebagai pelapis terakhir. Hal ini bisa membuat gorengan mempunyai tekstur renyah tetapi empuk.

Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi adonan celupan tepung serbaguna renyah crispy garing kriuk krenyes sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis ayam goreng fried chicken, kentang goreng, dan aneka gorengan krispi lainnya.






RESEP ADONAN CELUPAN TEPUNG


BAHAN :
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Tepung Crispy

CARA MEMBUAT ADONAN CELUPAN TEPUNG :
  1. Campur semua bahan menjadi satu, aduk hingga menjadi adonan yang licin dan tidak berbutir.
  2. Siap untuk digunakan.

CARA MEMBUAT ADONAN CELUPAN TEPUNG