CARA MEMBUAT PERMEN TAPE SINGKONG


Resep Permen Tape Singkong Sederhana Spesial Asli Enak. Permen tape singkong berbahan dasar singkong yang di fermentasi dan di olah dengan di beri tambahan gula pasir dan kemudian di rebus hingga mengental seperti dodol kemudian didinginkan atau diamkan sampai mengeras dan setelah mengeras siap untuk di potong potong sesuai selera dan dibungkus dengan kertas minyak warna-warni. Permen tradisional ini pada masa lalu selalu tidak ketinggalan di suguhkan pada acara acara khusus maupun perayaan hari besar. Rasanya manis dan enak sangat cocok untuk buah tangan atau dijadikan oleh-oleh khas Muntilan Magelang.

Foto Permen Gula Tape Singkong Asli Oleh-oleh Khas Yogyakarta
Gambar Permen Tape Singkong

Permen tape atau tapai atau gula-gula cara membuatnya mirip-mirip dodol biasanya oleh-oleh khas yogyakarta jogja, Jawa, solo dan kediri. Walaupun sebenarnya permen ini juga bisa dibuat dengan bahan dasar tape ketan dan campur kelapa. Berikut resep dan proses pengolahannya untuk skala rumahan.





RESEP PERMEN TAPE


BAHAN :
  • 1/2 kg tape
  • 1 kg gula pasir
CARA MEMBUAT PERMEN TAPE :
  1. Tape sama gula di campur jadi satu di wajan pakai api kecil direbus. Di aduk-aduk terus sampai kental atau lengket banget terus di cetak di loyang kotak.
  2. Kalau sudah padat di potong menurut selera.
  3. Lalu di jemur sampai benar-benar keras.
  4. Di bungkus pakai kertas warna warni atau kertas minyak.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT PERMEN TAPE SINGKONG