CARA MEMBUAT PERMEN TAPE SINGKONG

Resep Permen Tape Singkong Sederhana Spesial Asli Enak. Permen tape singkong berbahan dasar singkong (peuyeum : Bahasa Sunda) yang di fermentasi dan di olah dengan di beri tambahan gula pasir dan kemudian di rebus hingga mengental seperti dodol atau bahasa Jawa jenang tape kemudian didinginkan atau diamkan sampai mengeras dan setelah mengeras siap untuk di potong potong sesuai selera dan dibungkus dengan kertas minyak warna-warni. Permen tradisional ini pada masa lalu selalu tidak ketinggalan di suguhkan pada acara acara khusus maupun perayaan hari besar. Rasanya manis legit dan enak sangat cocok untuk buah tangan atau dijadikan oleh-oleh khas Muntilan Magelang.

Foto Permen Gula Tape Singkong Asli Oleh-oleh Khas Yogyakarta
Gambar Permen Tape Singkong

Permen tape atau tapai atau gula-gula cara membuatnya mirip-mirip dodol biasanya oleh-oleh khas yogyakarta jogja, Jawa, solo dan khas kediri. Walaupun sebenarnya permen tapai ini juga bisa dibuat dengan bahan dasar tape ketan dan campur kelapa yang namanya permen tape ketan. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi permen tape dan proses pengolahannya untuk skala rumahan sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis toko permen atau gula-gula manis ataupun untuk toko oleh-oleh khas daerah.

RESEP PERMEN TAPE


BAHAN :
  • 1/2 kg tape singkong/tapai ubi kayu
  • 1 kg gula pasir

Baca Juga :


CARA MEMBUAT PERMEN TAPE :
  1. Tape sama gula di campur jadi satu di wajan pakai api kecil direbus. Di aduk-aduk terus sampai kental atau lengket banget terus di cetak di loyang kotak.
  2. Kalau sudah padat di potong menurut selera.
  3. Lalu di jemur sampai benar-benar keras.
  4. Di bungkus pakai kertas warna warni atau kertas minyak.
  5. Sajikan atau siap untuk dijual.

CARA MEMBUAT PERMEN TAPE SINGKONG