CARA MEMBUAT KUE BURAYOT KHAS GARUT

Resep Kue Burayot Khas Garut Sederhana Spesial Asli Enak. Orang Sunda lebih mengenal Kota Garut , Bandung, Jawa Barat, dengan kue dodol dan chocodotnya coklat dodol, akan tetapi Sunda, Garut memiliki makanan khas sunda lainnya salah satunya adalah Burayot kue basah goreng tradisional asli enak dengan rasa gula merah nya yang aduhai. Burayot dadakan paling enak disantap dengan secangkir kopi atau segelas teh baik untuk sarapan atau sekedar cemilan di sore hari.

Foto Kue Burayot Khas Bandung Sajian Sedap
Gambar Kue Burayot

Burayot, adalah salah satu kue unik khas Kota Garut bukan berasal dari Bandung, kue Burayot berasal dari seputar Kec. Leles, Kec. Kadungora dan Kec. Wanaraja disinilah asal usul mulanya, Kue tradisional ini kebanyakan di hidangkan dihari lebaran, Burayot adalah panganan sederhana atau cemilan manis yang terbuat dari dua jenis yaitu tepung beras dan gula aren. Memang kue Burayot ini kalah populer atau bahkan banyak yang tidak tahu atau mengenalnya, orang lebih banyak mengenal oleh-oleh dari Garut adalah Dodol/Chocodot Garut sehingga Garut lebih dikenal sebagai kota dodol.

Adapun cara membuatnya adalah dengan menggodok gula aren sampai menjadi cair. Gula yang digunakan pun harus gula aren kalau gula merah biasa maka akan merubah rasa dan warna, lalu di tuang kedalam adonan tepung beras dan santan. Setelah semuanya tercampur rata dibuat bentuk bulat pipih tidak terlalu besar mirip martabak telor tapi tidak terlalu tipis karena akan mengembang. Lalu di goreng dengan minyak yang sudah panas, menggorengnya satu persatu dengan cara disiram sambil ditusuk dengan bilah bambu yang lancip maka tepungnya akan menggelantung/menggelayut kebawah atau dalam bahasa sundanya ngaburayot. Mungkin inilah sebabnya kue ini dinamakan Burayot. Berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat burayot tanpa komposisi bisa disesuaikan sesuai selera sendiri di rumah. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih burayot dadakan khas Garut Leles sajian sedap istimewa, cookpad lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis warung ataupun kios ala Abang-abang burayot Simadu terdekat dengan jajanan harga murah meriah pasti laris manis.

RESEP KUE BURAYOT


BAHAN :
  • Tepung beras secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Minyak secukupnya
  • Kacang merah secukupnya
  • Vanilli secukupnya
CARA MEMBUAT KUE BURAYOT :
  1. Gula merah dipanaskan dan dicampur air secukupnya hingga berbentuk cair dan mendidih. Jangan lupa tambahkan kacang dan vanili untuk mendapatkan aroma dan variasi rasa. Setelah itu, bila gula sudah mendidih dan mencapai kekentalan tertentu, maka gula yang masih panas diangkat dan dicampur dengan tepung beras. Proses pengadukan bisa dilakukan dalam wadah baskom atau sejenisnya. Jangan melakukan pengadukan secara langsung pada teplon yang dipakai untuk memanaskan gula. Kemudian diaduk hingga tercampur dan menjadi adonan.
  2. Setelah itu goreng pada minyak yang telah dipanaskan sampai warnanya coklat dan matang.
  3. Bila telah matang, angkat burayot dengan menggunakan capit agar bentuk dan teksturnya terjaga. Tiriskan.
  4. Sajikan selagi panas dengan secangkir kopi panas.

CARA MEMBUAT KUE BURAYOT KHAS GARUT