CARA MEMBUAT CUKO PEMPEK PALEMBANG


Resep Cuko Pempek Kental Sederhana Spesial Asli Enak Pedas Mantap. Kuah atau saos cair mudah dan praktis yang menjadi paduan dikala makan pempek Palembang disebut cuka, selain empek empek nya lembut, empuk, dan terasa ikan yang menjadi kunci lezatnya pempek adalah terletak dari enak dan tidak nya cuko ini, oleh karena itu pempek candy, pak raden, pempek vv, terasa pulen atau pas adonannya akan tetapi bila cukonya tidak pas rasanya pastilah kurang lengkap seperti ada yang kurang. Madak'i nian?

Foto Cuka Pempek Asli Mantap Nian
Gambar Masak Cuko Pempek Kental

Orang bilang cuko yang kental akan terasa mantap di lidah, tapi itu tergantung selera masing-masing. Gunakan tongcai untuk memperkaya serta memperkuat rasa cuko buatan anda, tong cai adalah sejenis asinan sayuran yang berasal dari lobak atau sawi putih asin berbentuk potongan kecil-kecil atau halus dan berwarna coklat. Diberi garam dan di simpan beberapa lama, tongcai dapat bertahan beberapa lama karena kandungan garam nya berfungsi untuk mengawetkan tongcai tersebut. Tongcai adalah sayuran yang diawetkan dengan cara diasinkan yang asalnya dari negara china/cina. Biasanya Tongcai dibuat dari sayur lobak yang diiris tipis-tipis. Selain lobak, Tongcai juga bisa dibuat dari sayur sawi putih. Tongcai memiliki rasa asin, ini karena dalam proses pembuatannya memang menggunakan garam. Biasanya Tongcai dimakan bersama dengan bubur (ditaburi diatas bubur) atau bisa juga dimakan dengan mie. Saat ini beberapa pembuat empek empek atau pempek makanan khas tradisional Palembang menggunakan tongcai untuk memperkuat rasa kuah/cuko.

Foto Tong Cai Sawi Putih/Lobak Asinan Khas China Yang Mantap
Gambar Tongcai Sayur Asin Gurih

Berbagai macam versi orang membuat cuko asam atau rasa asam pada kuah pempek ini ada yang menggunakan cuka makan atau cuka putih, ada yang menggunakan asam jawa, ada yang menggunakan jeruk nipis dan ada yang menggabungkannya atau mencampurnya (mix). Saya lebih memilih pakai asam jawa yang dicampur jeruk nipis akan tetapi kurang tahan lama atau awet, makanya para panjual banyak yang memilih mencampurnya dengan cuka putih supaya lebih awet. Semakin lama cuka disimpang akan semakin kental.





RESEP CUKA PEMPEK


BAHAN :
  • 500 gram gula merah/gula aren warna coklat tua
  • 50 gram asam jawa
  • 4 sendok teh cuka putih/cuka dixi (untuk mengawetkan)
  • 5 gelas air
  • 5-8 siung bawang putih, cincang halus atau tumbuk
  • 2 sendok makan ebi dihaluskan (Lihat Tips)
  • 20-30 buah cabai rawit, dihaluskan (Lihat Tips)
  • 1 sendok makan tongcai berikut tangkainya, cincang/giling halus
  • 1-2 sendok teh garam (disesuaikan)
CARA MEMBUAT CUKO PEMPEK :
  1. Didihkan air dan gula merah, asam jawa, air, dan cuka dengan api kecil , setelah gula larut, angkat lalu saring.
  2. Masukkan bawang putih, ebi, cabai rawit, garam, dan tongcai.
  3. Memasukkan cabai, garam sebaik nya sambil di cicip, disesuaikan dengan selera.
  4. Didihkan kembali lalu angkat.
TTIPS & TRICKS :
  • Jika ingin cuko nya enak ulek campuran cabe dan bwng putih sehari sebelumnya.
  • Jika tidak suka kepedasan, sebaiknya cabe rawit yang dihaluskan, tidak dimasukkan ke dalam cuka, tetapi biarkan terpisah, sehingga pada saat mau makan pempek sajah, cabe halus tadi baru dicampurkan ke adonan cuka sehingga bisa di kira-kira pedasnya.
  • Cabe rawit boleh di campur dengan cabe merah sedikit.
  • Gula merah yang dipakai sebaiknya gula batok yang tidak berbau angit sehingga adonan cuko tidak terasa pahit.
  • Ebi halus juga, boleh dipisah seperti halnya cabe rawit tadi, pada saat makan baru dicampurkan, agar aromanya ebi tetap muncul.
  • Untuk memperoleh cuko yg sedap dan beraroma, inapkan cuko sehari.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT CUKO PEMPEK PALEMBANG