CARA MEMBUAT BASRENG KERING RENYAH PEDAS

Resep Bakso Goreng (BASRENG) Kering Renyah Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Di Sunda Bandung Jawa Barat banyak sekali jajanan yang menggunakan nama singkatan dari bahan yang digunakan. Misalnya cireng atau aci digoreng, cilok atau aci yang cara makannya dicolok. Ada lagi basreng ikan tenggiri, basreng ayam, dan basreng sapi disingkat menjadi nama basreng. Untuk pelengkap bisa gunakan sambal cobek jadilah basreng cobek yang populer dan terkenal menjadi bahan camilan di Bandung. Selain itu ada keripik basreng bumbu rujak pedas, balado, karamel, basreng maicih level 1-10, basreng karuhun, basreng kiloan, dll.

APA ITU KERIPIK BASRENG ?

Foto Basreng Ikan Renyah Istimewa Cemilan Bandung
Gambar Basreng Pedas

Kerupuk/Keripik Basreng adalah singkatan dari bakso goreng kering renyah crispy yang garing kriuk. Basreng super pedas terbuat dari adonan baso ikan tenggiri atau tanpa ikan, bukan baso sapi, yang digoreng garing secara tradisional menggunakan kayu bakar dengan campuran ramuan bahan alami sehingga menghasilkan keripik basreng yang renyah, gurih dan tahan lama tanpa menggunakan pengawet serta beraroma khas daun jeruk.

Rasa super pedas didapat dari ramuan cabai asli bukan cabai bubuk (chilli powder), sehingga menghasilkan rasa pedas yang alami, serta warna merah yang juga alami tanpa pewarna buatan atau pewarna makanan. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi basreng kering super pedas renyah crispy krenyes garing kriuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri dan untuk jualan ide usaha bisnis keripik basreng aneka rasa ekonomis harga murah meriah.

RESEP BASRENG BAKSO IKAN TENGGIRI


BAHAN :
  • Bakso ikan tenggiri yang asli dan segar
  • Cabai, bawang merah, bawang putih, kencur, garam, daun jeruk dihaluskan
  • Minyak untuk menggoreng
CARA MEMBUAT BASRENG BAKSO IKAN TENGGIRI :
  1. Bakso ikan jangan langsung dipotong karena masih agak lembek. Biarkan bakso dalam suhu ruangan selama 2 hari baru dipotong sesuai dengan bentuk yang kita inginkan agar hasilnya baik.
  2. Goreng bakso dalam minyak goreng yang berkualitas denganminyak yang tidak terlalu panas agar dihasilkan basreng pedas yang renyah dan mekar.
  3. Setelah mekar, angkat basreng dan dalam kondisi masih panas langsung taburi dengan campuran bumbu yang sudah kita buat sebelumnya agar bumbu tersebut menempel pada basreng.
  4. Dinginkan dansimpan dalam wadah tertutup.
Keunggulan dari Basreng Yesiya :
  1. Rasa renyah dan gurih yang tiada duanya karena berbahan dasar ikan tenggiri dengan proses penjemuran dan pengeringan yang canggih.
  2. Tidak berbau / tengik dan tahan lama karena dibuat dari bakso yang asli dari aneka olahan bakso yang bersih dan tanpa bahan pengawet.
  3. Tahan lama karena digoreng dengan minyak yang bagus.
  4. Rasa pedas alami karena berasal dari cabe segar bukan cabe bubuk.
  5. Warna merah alami bukan dari pewarna buatan karena didapat dari cabai alami.

RESEP BASRENG BAKSO AYAM


BAHAN DAN BUMBU :
  • 250 gram dada ayam, dipotong-potong
  • 1/2 sendok makan garam kasar
  • 1 butir telur
  • 150 gram es serut
  • 1/4 sendok teh penyedap rasa
  • 3 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh soda kue
  • 1 sendok makan bawang putih goreng
  • 1 sendok makan bawang merah goreng
  • 100 gram tepung sagu aren
CARA MEMBUAT BASRENG BAKSO AYAM :
  1. CARA MEMBUAT PENTOL BAKSO, masukkan ayam dan garam dalam choper. Giling sampai halus.
  2. Masukkan telur, es serut, penyedap rasa, bawang putih, merica bubuk, soda kue, bawang putih goreng, dan bawang merah goreng. Giling sampai lembut.
  3. Tambahkan tepung sagu. Giling rata sampai lembut dan kalis.
  4. Ambil adonan. Bentuk bulat. Masukkan dalam air hangat. Bila bakso sudah mulai penuh, rebus sampai matang. Tiriskan. Iris. Angin-anginkan.
  5. Goreng ke dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api kecil hingga kering. Sajikan untuk cemilan sangat enak dan laris manis.

RESEP BASRENG BAKSO SAPI


RESEP BASRENG (Baso Goreng) PEDAS ENAK. Basreng singkatan dari baso goreng yang terbuat dari pentol bakso sapi segar atau basreng mentah yang digoreng renyah dan ditaburi lada atau cabe bubuk (Cabai powder) sangat cocok untuk sebagai cemilan atau makanan ringan dan enak juga jika dimakan bersama Nasi Panas sebagai pengganti kerupuk atau keripik karena rasanya sangat gurih dan renyah, berikut resep basreng yang dilengkapi dengan cara mudah bikin sendiri :

BAHAN :
  • Bakso Sapi telah dibuat atau gunakan bakso siap pakai atau bakso mentah atau basreng basah
  • Cabai bubuk pedas hot
  • Minyak Goreng
CARA MEMBUAT BASRENG BAKSO SAPI :
  1. Pilih pentol bakso sapi dengan kualitas baik, Anda bisa beli di pasar
  2. Bakso diiris sesuai dengan bentuknya bulat
  3. Dijemur dan biarkan dalam suhu ruangan selama 2 hari
  4. Goreng dengan minyak goreng berkualitas sampai basreng merekah dan renyah
  5. Setelah basreng diangkat dan masih dalam kondisi panah taburi dengan bumbu yang telah disiapkan agar menempel. (bumbu bisa dari campuran penyedap rasa dan bubuk cabe).
  6. Diamkan kurang lebih 1-2 jam di suhu ruangan jangan langsung di kemas agar tidak cepat melempem.
  7. Sajikan untuk 350 gram. Selamat ngemil.

CARA MEMBUAT BASRENG KERING RENYAH PEDAS