CARA MEMBUAT PERKEDEL ONCOM MERAH PEDAS

Resep Perkedel Oncom Sunda Bandung Sederhana Spesial Merah Pedas Asli Enak. Perkedel biasanya terbuat dari bahan dasar atau bahan utama dari kentang, tahu, tempe, atau jagung, dll. Tapi kali ini kita membuatnya dengan bahan oncom. Perkedel oncom adalah makanan jenis bakwan yang terbuat dari oncom biasa dan ada oncom merah dan oncom hitam. Oncom ini ciri khas masakan sunda jadi sangat wajar sangat mudah ditemukan di Bandung dan daerah sekitar Jawa Barat. Sedangkan untuk definisi/pengertian, jenis/macam-macam, mutu dan nilai kandungan gizi dan bahayanya, cara pembuatan oncom, pengolahan oncom menjadi masakan yang beraneka ragam, dan lain sebagainya akan dibahas pada artikel khusus membahas teknik cara membuat oncom.

Secara garis besar menurut wikipedia Oncom adalah makanan asal Indonesia yang terutama populer di Jawa Barat. Makanan ini adalah produk fermentasi yang dilakukan oleh beberapa jenis kapang, mirip dengan pengolahan terhadap tempe. Perbedaaannya adalah bahwa pada oncom hasil olahan dinyatakan siap diperdagangkan setelah kapang menghasilkan spora, sementara pada tempe hasil olahan diperdagangkan sebelum kapang menghasilkan spora (baru dalam tahap hifa).

Ada dua jenis utama oncom: oncom merah dan oncom hitam. Oncom merah didegradasi oleh kapang oncom Neurospora sitophila atau N. intermedia sedangkan oncom hitam didegradasi oleh kapang tempe Rhizopus oligosporus dan/atau jenis-jenis Mucor.

Oncom adalah satu-satunya bahan makanan manusia yang diolah dengan melibatkan jenis Neurospora.

Foto Oncom Merah
Gambar Tempe Oncom

Kandungan gizi oncom ternyata malah lebih tinggi dari tempe dan bisa diolah menjadi aneka masakan olahan aneka kreasi kreatif seperti perkedel, sebagai isi combro, tumis oncom jamur merang/tiram, sebagai campuran leunca pedas, oncom goreng, abon oncom pedas, sambal oncom pedas hot, dsb. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi perkedel oncom merah pedas sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis rumah makan dan restoran ala cafe resto.

RESEP PERKEDEL ONCOM


BAHAN :
  • 300 gram oncom, dipotong kotak 1 cm
  • 50 gram teri medan, dicuci bersih
  • 1 batang daun bawang, diiris tipis
  • 6 butir telur
  • Minyak untuk menggoreng
BUMBU HALUS :
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sdt ketumbar
  • 5 cm kencur
  • 1 sdt garam
CARA MEMBUAT PERKEDEL ONCOM :
  1. Aduk oncom, teri,daun bawang dan telur
  2. Tambahkan bumbu halus, aduk rata.
  3. Sendokkan adonan lalu goreng dalam minyak panas. Masak sampai matang dan kuning kecoklatan.
  4. Sajikan.

CARA MEMBUAT PERKEDEL ONCOM MERAH PEDAS