CARA MEMBUAT NASI GORENG KENCUR KUNYIT


Resep Nasi Goreng Kencur Kunyit Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Membuat nasi goreng kuning atau nasi kuning goreng mengandung kencur dan kunyit ini termasuk sederhana, praktis dan mudah sangat cocok untuk sarapan pagi atau dimakan untuk sahur pada bulan puasa Ramadhan ini daripada bingung menyiapkan menu sahur praktis cobalah masak nasi goreng kuning kunyit berkencur spesial istimewa sajian sedap. Kencur bahasa Sunda nya adalah cikur.

Foto Nasi Goreng Kuning Kunyit Kencur Lezat
Gambar Nasi Goreng Kencur Kunyit

Menurut situs Wikipedia. Apa itu kencur? Kencur (Kaempferia galanga L.) adalah salah satu jenis empon-empon/tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpang atau rizoma tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan. Nama lainnya adalah cekur (Malaysia) dan pro hom (Thailand). Dalam pustaka internasional (bahasa Inggris) kerap terjadi kekacauan dengan menyebut kencur sebagai lesser galangal (Alpinia officinarum) maupun zedoary (temu putih), yang sebetulnya spesies yang berbeda dan bukan merupakan rempah pengganti. Terdapat pula kerabat dekat kencur yang biasa ditanam di pekarangan sebagai tanaman obat, temu rapet (K. rotunda Jacq.), namun mudah dibedakan dari daunnya.

Nama kencur dipinjam dari bahasa Sanskerta, kachora, कचोर, yang berarti temu putih (Curcuma zedoaria). Orang Sunda menyebutnya cikur.

Kencur merupakan temu kecil yang tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air. Jumlah helaian daun kencur tidak lebih dari 2-3 lembar (jarang 5) dengan susunan berhadapan, tumbuh menggeletak di atas permukaan tanah. Bunga majemuk tersusun setengah duduk dengan kuntum bunga berjumlah antara 4 sampai 12 buah, bibir bunga (labellum) berwarna lembayung dengan warna putih lebih dominan.

Tumbuhan ini tumbuh baik pada musim penghujan. Kencur dapat ditanam dalam pot atau di kebun yang cukup sinar matahari, tidak terlalu basah dan setengah ternaungi.

Kandungan Kencur

Analisa laboraturium menghasilkan bahwa serimpang kencur terkandung zat lebih dari 23 jenis. Berikut beberapa di antaranya :
  • Zat Pati
  • Mineral
  • Kamphane
  • Borneol
  • Asam metal kanil
  • Asam cinnamic
  • Ethyl aster
  • Paraeumarin
  • Alkolid
  • Gom dan sebagainya.
Kandungan methanol pada kencur juga dapat digunakan untuk melawan sejenis cacing parasit yang menyebabkan penyakit toksokariasis. Zat ini efektif melawan spesies penyebab penyakit sistem saraf pusat dan juga melawan bakteri penyebab infeksi mata.

Menurut situs Manfaat.co.id kencur dipercaya memiliki khasiat dan manfaat yang banyak apalagi dipadu dengan kunyit. Inilah khasiat dan manfaat kencur atau cikur lengkap :
  1. Obat untuk masuk angin. Cuci bersih satu rimpang kencur, makan kencur bersama garam dapur lalu minumlah air hangat. Lakukan dua kali sehari untuk mencegah masuk angin.
  2. Menghilangkan darah kotor. Siapkan empat rimpang kencur, dua lembar daun trengguli, dua biji cengkeh kering dan adas secukupnya. Cuci bersih semua bahan tersebut, lalu rebus dengan satu liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Minumlah dua kali sehari secara teratur.
  3. Mengobati radang lambung. Dua rimpang kencur dicuci bersih. Kupas kencur lalu dikunyah. Telan airnya dan buang ampasnya. Lakukan pengobatan ini hingga sembuh.
  4. Mengobati keseleo. Satu rimpang kencur lalu di cuci bersih. Rendam segenggam beras kemudian campurkan rimpang kencur. Tumbuk keduanya hingga halus. Balurkan pada bagian tubuh yang keseleo.
  5. Mengobati mulas pada perut. Cuci satu rimpang kencur hingga bersih. Parut kencur tersebut lalu tambahkan dua sendok air masak dan sedikit garam. Lalu saring ramuan tersebut dan ambil airnya. Minum air tersebut 2-3 kali sehari.
  6. Sebagai obat batuk. Dua rimpang kencur di cuci bersih. Parut kencur lalu campurkan dengan segelah air hangat. Aduk rata dan disaring, lalu ambil airnya. Tambah sedikit garam dapur dan minum air ramuan tersebut sampai habis. Untuk perawatan, lakukan satu kali sehari.
  7. Mengobati diare. Tumbuk dua rimpang kencur dengan dua siung barang merah sampai halus. Siapkan daun pisang dan bungkus ramuan yang sudah ditumbuk. Bakar sampai hangat ramuan tersebut. Oleskan ramuan tersebut pada bagian perut.
Selain khasiat dan manfaat di atas, kencur juga dipercaya dapat menjadi salah satu herbal yang berperan penting bagi tubuh manusia seperti :
  1. Anti kanker
  2. Baik untuk pencernaan
  3. Bumbu masakan
  4. Baik untuk kulit
  5. Mengobati peradangan usus
  6. Membutuh bakteri dalam usus
  7. Melancarkan peredaran darah
  8. Membuang racun dalam tubuh
  9. sebagai anti oksidan
  10. Menjadi sumber serat
Jika pada bulan puasa makan resep nasi goreng pedas spesial dikhawatirkan akan sakit perut, sebaiknya kurangi dulu makan pedas agar asam lambung tidak meningkat. Tapi kalau perutnya memang kuat tidak menjadi masalah, bahkan makan nasi goreng ini dilengkapi dengan resep seblak basah sepertinya tambah enak dan maknyus. Silahkan jika ingin bikin nasi goreng sendiri praktekan. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi nasi goreng kunyit kencur anti gagal berikut ini lengkap dengan step by step dengan lebih rinci simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka nasi goreng tradisional asli Indonesia.





RESEP NASI GORENG KENCUR


BAHAN :
  • 500 gram nasi putih yang sudah didinginkan
  • 100 gram teri medan, dibersihkan
  • 4 sendok makan minyak goreng
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Nasi Goreng Spesial

BUMBU HALUS :
  • 10 cm kencur
  • 3 cm kunyit
  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 1/4 sdt garam
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Nasi Goreng Jawa

CARA MEMASAK NASI GORENG KENCUR KUNYIT :
  1. Goreng teri medan hingga harum, angkat.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum.
  3. Masukkan nasi sambil diaduk hingga nasi panas.
  4. Tambahkan teri medan, aduk rata.
TIPS & TRICKS :
  • Nasi goreng lebih enak dibuat dari nasi sisa kemarin malam. Tidak perlu dipanaskan dulu, langsung saja dibuat nasi goreng renyah.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT NASI GORENG KENCUR KUNYIT