CARA MEMBUAT KUE KUPING GAJAH EMPUK RENYAH

Resep Kue Kuping Gajah Renyah Sederhana Spesial Asli Enak. Kuping Gajah ini adalah Kue Kering lebaran tradisional praktis yang biasa disajikan setiap hari raya Idul Fitri tapi tidak selalu malah lebih seringnya menjadi cemilan untuk para tamu dan menjadi jajanan anak-anak dulu. Sekarang sudah sulit dijumpai di rumah-rumah. Tapi banyak ada di toko oleh-oleh atau toko snack. Kuping gajah ini masih termasuk kuker atau kue kering tradisonal yang di goreng original Indonesia.

Foto Kuping Gajah Enak
Gambar Kue Kuping Gajah Renyah

Menurut situs Wikipedia. Kuping gajah adalah salah satu kue tradisional asli Indonesia. Memiliki bentuk yang unik serta rasa yang manis, enak dan renyah, bentuknya sesuai dengan namanya: kuping gajah. Kuping gajah ini memiliki berbagai rasa, mulai dari rasa coklat, vanila hingga moca. Kue kuping gajah ini dapat di temui di pasar-pasar tradisional dan juga swalayan. Pembuatan nya cukup mudah dan bahan untuk membuatnya mudah didapat. Kue ini sangat cocok untuk dikonsumsi semua usia, disajikan sebagai camilan. Biasanya kue kuping gajah juga di hidang kan kepada para tamu pada hari-hari tertentu seperti hari-hari perayaan besar.

Cara pembuatan Kue kuping gajah ini terbuat dari tepung terigu, gula, garam, vanili, telur dan coklat bubuk. Dalam tahap proses pembuatannya, bahan-bahan dicampur menjadi satu dan diulek-ulek hingga bisa terbentuk. Kemudian adonan dioles coklat lalu digulung. Setelah digulung sebaiknya dipadatkan dan di bentuk lonjong dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu adonan dipotong tipis-tipis dan digoreng. Dari prosesnya inilah, kue menyerupai kuping gajah dapat terbentuk.

Kue kering kuping gajah ini bisa didapatkan di toko kue maupun di toko khusus cemilan tapi apa salahnya kita bikin sendiri di rumah, sebab anak-anak suka makan kue ini daripada mereka jajan sembarangan alangkah baiknya sebagai ibu bijak membuatkan untuk mereka. Sebenarnya membuat kuping gajah ini mudah terlalu terlalu repot karena kue ini hanya di goreng tanpa oven. Baiklah sekarang kita coba menyiapkan bahan-bahannya dan langsung praktek membuatnya. Oh ya untuk ukuran kuping gajah tergantung selera bisa dibuat kuping gajah mini atau kecil atau bisa juga dengan ukuran besar dan lebar. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi macam-macam jenis olahan resepi kuih kering kuping gajah renyah dan garing kriuk empuk dan lembut takaran sendok dan gram sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kios toko aneka kue kuping gajah manis gurih cemilan dan jajanan.

RESEP KUPING GAJAH


BAHAN :
  • 112,5 gram tepung terigu protein sedang
  • 12,5 gram tepung sagu
  • 37,5 gram gula bubuk
  • 1/8 sdt garam
  • 1/2 sdm susu bubuk
  • 1/8 sdt vanili bubuk
  • 1/2 butir telur, kocok lepas
  • 1/2 sdm minyak sayur
  • 37,5 ml santan hangat dari 1/4 butir kelapa
  • 1/2 sdm cokelat pasta
CARA MEMBUAT KUPING GAJAH ENAK :
  1. Campur terigu, gula, garam, susu dan vanili, aduk rata.
  2. Tambahkan telur kocok dan minyak, aduk rata.
  3. Tuang santan sedikit-sedikit sambil uleni hingga kalis.
  4. Ambil 1/4 bagian adonan, campur dengan cokelat pasta, aduk rata. Sisa adonan biarkan berwarna putih.
  5. Gilas tipis + 1 mm masing-masing adonan putih dan cokelat. Kuaskan air tipis-tipis di atas adonan putih.
  6. Tumpuk adonan cokelat di atas adonan putih.
  7. Gulung sambil ditekan-tekan agar padat. Bungkus plastic adonan. Simpan dalam lemari es + 1 jam.
  8. Keluarkan adonan dari lemari es, potong tipis-tipis.
  9. Goreng kuping gajah dalam minyak banyak dengan api sedang hingga kering dan renyah. Angkat dan tiriskan.
  10. Simpan dalam stoples kedap udara untuk 200 gram kira-kira satu stoples biar tahan lama.
  11. Sajikan untuk tamu.

CARA MEMBUAT KUE KUPING GAJAH EMPUK RENYAH