CARA MEMBUAT KUE BORONDONG KETAN KHAS GARUT


Resep Kue Borondong Ketan Khas Garut Sederhana Spesial Asli Enak. Kue manis renyah borondong garing ini di Bandung dan garut dikenal dengan sebutan Borondong atau brondong ketan, pernah masuk di sinetron Preman Pensiun 2 (PP2) yang dimakan Kang Bahar dan Kang Bagja, sebenarnya kue ini sama dengan kue jipang atau bipang jangkar warna-warni yang dibuat bentuk bulat seukuran bola-bola kecil, kalau jipang biasanya dibuat dalam bentuk kotak atau segiempat. Asal usul atau asal mulanya belum jelas dari jawa atau sunda tapi ada referesnsi kalau kue jipang/borondong ini berasal dari bugis, sulawesi selatan (Sulsel). Jajajan tradisional ini banyak di jumpai di toko-toko oleh-oleh khas Bandung, biasanya dikonsumsi sebagai camilan anak-anak tapi orang dewasa juga menyukainnya karena rasanya manis, jika makan satu jadi pengen terus dan tidak akan mengenyangkan karena memang termasuk makanan ringan. Ada yang menggolongkan kue ini termasuk kategori kue kering tradisional. Walaupun masaknya tanpa menggunakan oven pemanggang.

Foto Kue Borondong Ketan Pop Corn Khas Garut Asli
Kue Borondong Ketan Popcorn Bulat Garut


Foto Kue Borondong Ketan Spesial Preman Pensiun 2
Gambar Bipang Jangkar Warna-warni

Kue borondong bahasa sunda nya atau jipang ini lebih mirip rengginang dari segi bentuknya dengan rasa manis yang dibalut gula merah. Selain dari beras ketan kue ini juga ada yang dari jagung yang lebih mirip popcorn, ada juga borondong jagung bikinan urang Bandung yang unik menggunakan pemanis gula aren nanti kita bahas pada artikel selanjutnya, bahkan ada yang dari kacang tapi namanya tingting, kalau dari singkong kayaknya belum ada. Berikut bahan dan cara bikin borondong sederhana asli enak khas Bandung spesial untuk Anda.





RESEP KUE BRONDONG KETAN


Foto Borondong Garut di Produksi di Majalaya
Gambar Borondong Garut

BAHAN :
  • 500 gram beras ketan
  • 1 kg gula merah, iris halus
  • 500 cc air
  • Jagung Popcorn
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Rengginang Ketan

CARA MEMBUAT KUE BRONDONG KETAN :
  1. Cuci bersih beras ketan lalu kukus.
  2. Masak gula merah yang telah diiris, campurkan dengan air hingga mengental.
  3. Masak gula dan 500 cc air hingga kental, kemudian masukkan beras ketan, aduk sampai rata.
  4. Tuangkan adonan jipang diatas cetakan yang telah diisi minyak lalu ratakan dan iris-iris menjadi persegi empat sebelum dingin dan ada juga yang bentuknya bulat-bulat kecil, tergantung selera
  5. Setelah jipang atau borondong dingin barulah disajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE BORONDONG KETAN KHAS GARUT