CARA MEMBUAT SAMBAL TERONG UNGU BALADO PEDAS

Resep Sambal Terong Ungu Balado Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Selain terong panjang ungu yang digunakan boleh terong bulat, terong hijau, terong baby yang kecil yang penting jangan pakai terong yang buat lalapan aja. Pada resep masakan terong kali ini kita menggunakan terong ungu yaitu terung panjang berwarna ungu. Menurut saya terong panjang ungu lebih enak dibuat sambal balado yang lezat.

Foto Sambal Terung Ungu Asli Enak Banget
Gambar Sambal Terong Balado Merah

Bagaimana cara memasak terong ungu agar tetap mempertahankan warna ungunya?. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi dan cara memasak sambal terong ungu balado sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah, untuk rasa pedas sesuaikan saja jumlah cabenya atau dicampur dengan cabai setan. Bagi yang suka ikan teri dan petai boleh dikreasikan di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis rumah makan, warteg, bahkan restoran.

RESEP SAMBAL TERONG


BAHAN :
  • 1/2 kilogram Terong panjang ungu segar, cuci bersih
BUMBU HALUS :
  • 5 butir Bawang merah
  • 2 butir Bawang putih
  • 75 gram Cabai merah
  • 1 buah tomat
  • 1 sdm garam halus
  • 1/2 sdt vetsin/masako/gula pasir atau penyedap rasa non msg lainnya tergantung selera. Kalau saya suka pakai masako ayam atau masako sapi.
  • 100 ml air
  • 250 ml Minyak goreng
CARA MEMASAK SAMBAL TERONG PANJANG UNGU BALADO :
  1. Bersihkan bagian tangkai terong ungu. Buang bagian tersebut. Selanjutnya, potong jadi 2 dan belah dua terong tersebut. Setelah itu, gorenglah terong tapi jangan terlalu matang. Angkat dan tiriskan.
  2. Haluskan dengan blender boleh pakai ulekan semua bumbu berupa bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan juga tomat.
  3. Panaskan wajan dan tumislah semua bumbu halus. Setelah aroma harumnya keluar, masukkan garam halus juga penyedap rasa.
  4. Setelah beberapa saat, tuanglah air ke dalam tumisan dan aduk hingga tercampur sempurna.
  5. Saat tumisan mendidih, masukkanlah terong ungu satu per satu dan masak hingga air susut dan terong ungu terlihat layu dan matang. Angkat dan sajikan panas atau hangat.

CARA MEMBUAT SAMBAL TERONG UNGU BALADO PEDAS