CARA MEMBUAT KUE PUKIS ENAK DAN LEMBUT


Resep Kue Pukis Mini Sederhana Lembut dan Empuk Spesial Asli Enak. Kue pukis paling istimewa adalah kue pukis khas Banyumas, kue pukis kentang lembut dan empuk, dan kue pukis pandan yang harum dan wangi berwarna hijau, sedangkan untuk topping taburan paling banyak menggunakan coklat meses, keju parut, dll. Kue pukis masih termasuk kue basah tradisional asli Indonesia. Jenis kue ini menggunakan cetakan dalam membuatnya sama halnya dengan kue cubit, kue bandros, kue balok, kue gunjing, kue ape, kue pancong dan masih banyak lagi kue yang menggunakan cetakan khusus dan disajikan secara instan menggunakan adonan dasar yang istimewa. Biasanya kue ini juga paling sering dimakan panas atau hangat untuk sarapan pagi bersama minum kopi atau teh panas.

Foto Kue Pukis Tradisional Khas Banyumas
Gambar Kue Pukis

Kue Pukis adalah kue khas Indonesia. Kue tradisional ini dibuat dari adonan dasar telur, gula pasir, tepung terigu, ragi dan santan. Adonan itu kemudian dituangkan ke dalam cetakan setengah bulan serta dipanggang di atas api (bukan oven). Pukis dapat dikatakan sebenarnya adalah modifikasi dari kue wafel. Variasinya bermacam-macam, diberi taburan coklat butir meses, keju, selai nanas, sukade (manisan buah, biasanya dari pepaya dan dipotong kecil kecil serta berwarna warni pelangi (rainbow)) atau kacang, akan memungkinkan kue ini dapat dimodifikasi menjadi kue spesial seperti kue cubit green tea atau red velvet yang menggunakan bubuk teh hijau yang sedang terkenal di Bandung atau kue pukis bulat aneka rasa dan topping oreo.

Kue pukis memiliki bentuk sederhana dan warna yang khas. Bagian atasnya berwarna kuning dan bagian bawahnya kecoklatan. Pukis mudah dijumpai di toko-toko kue maupun penjual kaki lima yang dijual oleh Abang-abang di Indonesia. Dan karena mudah dijumpai kue ini jarang disajikan pada pesta-pesta, arisan, dan acara keluarga. Untuk memasaknya mudah dan praktis yang agak sulit adalah membuat adonannya kata Abang2.





RESEP KUE PUKIS


BAHAN :
  • 250 gram tepung terigu
  • 1 sdt ragi instan
  • 4 butir telur
  • 250 gram gula pasir
  • 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 3 sdm margarin, untuk olesan
  • 3 sdm meises
  • 50 gram keju, diparut
CARA MEMBUAT KUE PUKIS :
  1. Ayak tepung terigu, lalu campur dengan ragi instan, aduk rata.
  2. Kocok telur dan gula hingga kental dan mengembang.
  3. Masukkan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit.
  4. Tambahkan santan, aduk hingga rata.
  5. Diamkan adonan selama 30 menit.
  6. Panaskan cetakan kue pukis, olesi dengan margarin.
  7. Tuangkan adonan ke dalam cetakan kue pukis hingga tiga perempatnya.
  8. Setelah bagian tepi membeku, taburkan meses atau keju. Biarkan hingga matang.
  9. Angkat dan
  10. Sajikan dalam keadaan hangat.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE PUKIS ENAK DAN LEMBUT