CARA MEMBUAT KOPI MENGKUDU


Resep Kopi Mengkudu Herbal Sederhana Spesial Asli Enak. Sebenarnya ini bukan kopi biasa yang terbuat dari biji kopi arabica atau kopi robusta ataupun resep kopi rasa buah, melainkan kopi buatan yang dibuat dari buah mengkudu asli. Inilah salah satu kopi yang tidak mengandung kafein, selain ini ada lagi kopi tanpa zat cafein yaitu kopi kedelai nanti akan dibahas pada artikel selanjutnya. Kopi buah mengkudu sering disebut buah noni ini berkhasiat obat. Kopi mengkudu ini adalah khas Madura hanya ada di sampang Madura, Jawa TImur dan sekitarnya dan pernah diulas oleh televisi tentang cara proses pembuatannya. Sebenarnya cara bikinya mudah walaupun sudah ada yang jual Kopi Mengkudu Bubuk dalam bentuk kemasan Sachet di jual dipasaran tapi tidak ada salahnya kita buat sendiri di rumah. Buah mengkudu ini mudah dijumpai di halaman rumah sebagai apotek hidup. Perkembangannya telah diikuti oleh daerah lain seperti sudah ada yang membuatnya seperti ada di Purwokerto, cilacap, Jawa Tengah, mojokerto, jawa timur, dll.

Foto Kopi Mengkudu Madura
Gambar Buah Mengkudu

Bubuk kopi mengkudu berwarna hitam seperti bubuk kopi pada umumnya, namun yang membedakan adalah rasanya yang khas buah mengkudu dan tidak mengandung kafein karena murni buah mengkudu. Menurut para pembeli, kopi herbal mengkudu mempunyai rasa yang enak dan sangat baik untuk kesehatan manusia, Seperti : untuk mengatasi perut kembung yang banyak di derita anak-anak, tekanan darah tinggi, strok dan berbagai penyakit lainnya layaknya Khasiat dan Manfaat Tahitian Noni Juice dari Morinda. Mengkudu selain bisa dibuat minuman kopi bisa juga dibuat Jus Mengkudu. Berikut resepi kopi mengkudu lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) mudah dan praktis.





RESEP KOPI MENGKUDU


BAHAN :
  • 1 Buah Mengkudu Matang atau yang sudah Masak alias sudah Tua
  • 2 lembar Daun Mengkudu
CARA MEMBUAT KOPI MENGKUDU :
  1. Buah mengkudu dicuci bersih lalu dipotong kecil-kecil kemudian di jemur hingga kering sampai berwarna hitam seperti warna Kopi pada umumnya. Angkat.
  2. Mengkudu kering tadi siap di sangrai di atas wajan penggorengan dengan api kecil diaduk-aduk sampai merata selama kira-kira 15 menit, lalu di tumbuk atau digiling.
  3. Cara Menyeduh Kopi Mengkudu : Kopi mengkudu sudah jadi, siap diseduh disajikan dan dinikmati dengan gula pasir dan air panas.
Kopi Herbal Bubuk Mengkudu
Kopi Mengkudu

TIPS & TRICKS :
  • Saat menyangrai daun mengkudu yang di rajang kecil-kecil di campurkan agar menambah aroma harum.
  • Setelah buah mengkudu menjadi hitam barulah mengkudu di haluskan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KOPI MENGKUDU