CARA MEMBUAT CAKWE MEDAN GORENG ASLI

Resep Cakwe Medan Goreng Asin Gurih Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Cakue dan kue bantal Enak khas medan adalah kue goreng yang sama-sama terkenal dan paling enak rasanya. Cakue rasanya lembut dan empuk dan bentuknya seperti bantal guling jadi memang cocok dipasangkan dengan kue bantal jadinya seperti kue guling dan bantal makanya ada isitilah Cakwe dan Kue Bantal atau cakwe manis. Cakwe Medan sederhana sangat istimewa jika dilengkapi dengan saus sambal pedas akan menjadikan kue ini akan bertambah lebih special lezat untuk dihidangkan bersama teman dan keluarga sambil ngopi bareng. Sedangkan resep kue bantal odading dan cakwe Bandung akan dishare pada menu berikutnya. Hanya di blog kumpulan Resep Masakan Lezat Cara Buat Resep.

Foto Cakue Goreng Khas Medan Sedap
Gambar Cakwe Medan Asin Saus Sambal

Menurut situs Wikipedia. Cahkwe (Hanzi: 油条, hanyu pinyin: You Tiao) adalah salah satu penganan tradisional Tionghoa. Cahkwe adalah dialek Hokkian yang berarti Hantu yang Digoreng (油炸鬼,hanyu pinyin: You Zha Gui). Nama ini berhubungan erat dengan asal usul penganan yang kecil namun sarat akan nilai sejarah ini.

Cahkwe mulai populer pada zaman Dinasti Song, berawal dari matinya Jenderal Yue Fei (Hanzi: 岳飛) yang terkenal akan nasionalismenya akibat fitnahan Perdana Menteri Qin Hui (Hanzi: 秦檜). Mendengar kabar kematian Yue Fei, rakyat Tiongkok kemudian membuat 2 batang kecil dari adonan tepung beras yang melambangkan Qin Hui dan istrinya lalu digoreng untuk dimakan. Ini dilakukan sebagai simbolisasi kebencian rakyat atas Qin Hui.

Cakhwe disebut dengan berbagai nama di daratan Tiongkok sendiri karena perbedaan dialek daerah. You Tiao adalah nama umum Cakhwe dalam Bahasa Tionghoa dan sebenarnya diambil dari dialek Zhejiang. Sedangkan dalam dialek Hokkian disebut Cakhwe (油炸鬼) dari asalnya (iû-chiā-kóe). Di dialek Chaozhou dan Shantou penganan ini disebut Zha Guo (炸果). Di daerah lain yaitu Anhui Cakhwe disebut dengan nama You Guozi (油果子). Kata Guo (果) dalam nama-nama tersebut berarti kue.

Dalam bahasa Jawa, panganan ini disebut janggelut, sedangkan di Sunda, Bandung Jawa Barat disebut cakue asin dan kue bantal atau cakue odading atau cakue manis dan ada juga yang menyebutnya dengan sebutan roti.

Cara penyajian. Di Indonesia, kue cakwe dijual di toko atau dijajakan oleh pedagang kaki lima oleh Abang-abang baik ukuran besar maupun ukuran kecil namanya cakwe mini di beberapa daerah di tanah air. Cara penyajian pun beragam seperti di daerah Solo, Jawa Tengah, penyajiannya disertai susu kedelai. Sedangkan di daerah lain, Cakue Bandung disajikan dengan saus sambal asam cair atau sambal kacang cair.

Di Pontianak dan Ketapang, Kalimantan Barat, Cakhwe umumnya manis dan kenyal. Disajikan dengan Lek Taw Zuan (Bahasa Tiochiu yang artinya mutiara kacang hijau). Lek Taw Zhuan adalah kacang hijau yang dibuang kulitnya dan dikukus dengan daun pandan. Setelah itu kacang hijau diberi gula kental dan disajikan bersama Cahkwe yang diiris kecil-kecil.

Tiongkok, China. Juga banyak disajikan oleh pedagang kaki lima, Cakhwe di Tiongkok dimakan dengan cara mencelupkannya ke dalam bubur panas. Sedangkan di Tiongkok Utara, Cakhwe dimakan bersama susu kedelai manis maupun asin.

Sejarah asal usul mula cakwe. Jenderal Yue Fei adalah salah satu Jenderal Dinasti Song Selatan yang terkenal akan keberhasilannya menekan suku Jurchen Dinasti Jin dari utara. Pada abad ke-12, Yue Fei adalah jenderal utama pasukan Kerajaan Song. Dengan perintah Kaisar Gaozong dari Song, ia mengadakan kampanye perang untuk mengembalikan daerah yang direbut oleh Jin. Jenderal Yue Fei dengan gigih berhasil menaklukkan musuh dan mengembalikan beberapa kota milik Song. Konon ada legenda yang menyebutkan sebelum masuk kemiliteran, ibunya pernah memberinya wejangan dan menorehkan tattoo berbunyi Setia Pada Negara. Tato inilah yang selalu diingat Yue Fei dan menjadi pedoman hidupnya.

Pada saat bersamaan di istana Kaisar Tang Gaozong ada seorang menteri bernama Qin Hui. Berbeda dengan Yue Fei, ia menganggap peperangan melawan Jin adalah pemborosan uang negara. Dengan pengaruhnya, Qin Hui menghasut menteri dan Kaisar Tang Gaozong untuk menghukum Yue Fei atas tuduhan palsu. Pada tahun 1141 ia kemudian dipanggil menghadap kaisar dan dihukum mati pada tahun 1163.

Kematian Yue Fei menyulut kemarahan rakyat. Di ibu kota, ada seorang pedagang penganan kecil bernama Wang Xiaoer dan Li Si yang sedang mencari ide untuk menjual makanan. Wang Xiaoer melihat kemarahan rakyat pada Qin Hui dan akhirnya mendapat ide. Ia kemudian menggoreng dua adonan tepung yang ia bentuk seperti manusia yang saling memunggungi. Jika digoreng, adonan itu pasti mencuat ke permukaan. Dengan lantang ia berteriak "Dijual Hui Goreng!" (油炸桧 hanyu pinyin: You Zha Hui). Hui mengacu pada Perdana Menteri Qin Hui. Hal ini menarik banyak orang yang kemudian datang untuk melihat Hui Goreng. Dengan cara itu, penganan ini menyebar dari Lin'an, ibu kota Song Selatan. Namanya pun secara bertahap berubah menjadi Hantu yang digoreng (atau di Indonesia populer dengan nama Cakhwe) dan terakhir You Tiao.

Resep cakwe khas medan original lengkap akan dibagikan dibawah artikel ini. Penjual cakwe medan telah banyak di kota-kota Anda melalui Abang-abang pedagang cakwe apalagi di kota Bandung sorga nya kuliner banyak sekali pedangang cakue, tapi apasalahnya kita coba bikin sendiri di rumah katanya sih mudah dan praktis. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi cakwe Medan NCC mekar mengembang lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka cakwe asin. atau cakwe odading Bandung atau cakwe manis/cakue bantal.

RESEP CAKWE MEDAN


BAHAN :
  • 350 gram tepung terigu protein tinggi
  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 2 sdt bawang putih goreng, tumbuk halus
  • 350 ml air kurang lebih
  • Garam secukupnya
BAHAN SAUS :
  • 4 sdm saus tomat
  • 1 sendok makan sambal botol
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm maizena
  • 250 ml air
CARA MEMBUAT CAKWE MEDAN ENAK MENGEMBANG :
  1. Campur semua bahan kering, aduk rata.
  2. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan kalis. Diamkan hingga mengembang.
  3. Adonan siap dibentuk dan dipotong-potong.
  4. Goreng sampai adonan habis.
  5. Cara Membuat Saus Cakwe : campur semua bahan saus menjadi satu ke dalam panci, kecuali maizena
  6. Rebus hingga mendidih, angkat
  7. Masukkan maizena ke dalam saus.
  8. Cakwe siap untuk disajikan dengan saus
Permasalahan yang sering dalam Pembuatan cakwe :

1. Cakwe/cakue tidak mengembang dengan sempurna,ada bagian yang bantat.
  • Minyak goreng terlalu panas.
  • Adonan Cakwe kurang istirahat.
  • Terlalu banyak air biang sehingga tidak berongga.
  • Soda Kue kurang.
  • Amonihuiak kurang.
2. Cakwe cepat cokelat.
  • Minyak goreng terlalu panas sehingga cakwe hharus cepat diangkat dari wajan.
  • terlalu banyak soda kue.
3. Bentuk cakwe tidak menarik.
  • Menarik adonan nya terlalu panjang ketika akan menggoreng.
  • Memipihkan adonannya terlalu tipis.
  • Adonan cakwe terlalu lembek.
  • Menguleni cakwe tidak rata.
4. Cakwe alot/liat.
  • Terlalu lama menggorengnya.
  • Tidak mengembang sempurna/bantat.

CARA MEMBUAT CAKWE MEDAN GORENG ASLI