CARA MEMBUAT MANISAN MANGGA MUDA BASAH

Resep Manisan Mangga Muda Basah Kuah Sederhana Spesial Asli Enak. Kenapa buah mangga muda? karena rasanya segar dan renyah jika dibuat manisan atau asinan. Ini resep manisan basah jadi ada kuahnya jika manisan kering beda lagi prosesnya pengolahannya. Apalagi manisan pasti rasanya manis, kalau asinan rasanya asin dong. Manisan Buah Mangga Muda ini memang paling favorit dijadikan manisan apalagi jika sedang musim mangga. Jika ingin rasa super pedas tinggal tambahkan cabai yang banyak sesuai selera pedas ente.

Foto Manisan Buah Mangga Muda Asli
Gambar Manisan Mangga Muda Basah

Manisan Basah Kuah

Manisan basah adalah manisan yang diperoleh setelah penirisan buah dari larutan gula. Manisan basah mempunyai kandungan air yang lebih banyak dan penampakan yang lebih menarik karena serupa dengan buah aslinya. Manisan basah biasanya dibuat dari buah yang keras dan rasanya masih sedikit asam atau asem.

Manisan Kering Renyah

Manisan kering adalah manisan yang diperoleh setelah buah ditiriskan kemudian dijemur sampai kering. Manisan kering memiliki daya simpan yang lebih lama, kadar air yang lebih rendah, dan kadar gula yang lebih tinggi. Manisan kering biasanya dibuat dari buah yang teksturnya lunak.

Berikut rahasia kumpulan aneka resepi manisan mangga muda basah dan kering sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha aneka cemilan manisan dan asinan mangga untuk oleh-oleh khas daerah Indonesia.





RESEP MANISAN MANGGA MUDA


BAHAN :
  • 1/2 kg mangga muda indramayu, dibelah, dipotong-potong panjang (tergantung selera yang penting pakai mangga muda, kalau mangga tua sudah matang dong rasanya sudah manis buat apalagi dibuat manisan langsung saja dimakan.
Buah Mangga Muda Hasil Panen Kebun Orang
Panen Mangga Muda Hasil Kebun Orang Gan
    BAHAN SIRUP I :
    • 500 ml air
    • 125 gram gula pasir
    • 1/2 sendok makan garam
    BAHAN SIRUP II :
    • 250 ml air
    • 125 gram gula pasir
    CARA MENGOLAH MANISAN MANGGA MUDA SEGAR :
    1. Rendam mangga mentah dalam air dingin yang ditambah 1 sendok makan air kapur sirih. Diamkan semalam dan buang airnya.
    2. Letakkan mangga indramayu dalam toples kaca.
    3. Bahan sirup I : rebus air, gula pasir, dan garam sampai mendidih. Dinginkan.
    4. Tuang dalam toples kaca. Diamkan semalaman.
    5. Tiriskan dan buang airnya.
    6. Rebus bahan sirup II. Dinginkan. Masukkan manggan. Simpan dalam lemari es.
    7. Sajikan untuk 5 porsi.

    CARA MEMBUAT MANISAN MANGGA MUDA BASAH