CARA MEMBUAT MANISAN KEDONDONG BASAH

Resep Manisan Kedondong Basah Kuah Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Membuat manisan dan asinan dari buah kedongdong kata orang sunda Bandung. Resep manisan kedondong ini banyak versi karena tergantung selera, misal jika ingin tanpa kapur sirih itu bisa, selera pedas tinggal tambahkan cabai sesuai selera, tanpa pewarna juga bisa, jadi resep dibawah ini bisa dikutak-katik. Begitu juga dengan membuat asinan tinggal tambahkan garam secukupnya, Kebtulan pada artikel ini kita membuat manisan buah kedondong basah jika ingin membuat manisan kedondong kering tinggal pisahkan airnya alias tanpa air. Kita bahas di artikel lain saja.

Foto Manisan Kedongdong Basah Kuah Pedas
Gambar Manisan Kedondong Basah Kuah Pedas

Namanya juga aneka kreasi manisan kedondong cita rasa bisa dibuat tergantung selera, untuk konsumsi sendiri sebaiknya tidak usah menggunakan kapur sirih atau tanpa kapur sirih dan pewarna makanan cukup tambahkan cabai aja, kalau untuk jualan ya supaya manisan agar awet tahan lama. Bagi Siswa-siswi Sekolah yang mau bikin tugas makalah membuat manisan kedondong silahkan. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi manisan dan asinan kedondong khas Cianjur dan Bogor versi basah dan kering sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis toko manisan dan asinan buah.





RESEP MANISAN KEDONGDONG


BAHAN :
  • 250 gram buah kedondong yang sudah tua. Kupas kulitnya dan belah-belah
  • Air kapur sirih secukupnya
  • 100 gram gula pasir
  • 50 ml air
  • Pewarna kuning yang food grade secukupnya
CARA MEMBUAT MANISAN KEDONDONG BASAH KUAH :
  1. Campur air dengan kapur sirih. Diamkan sebentar sampai kapur sirihnya mengendap. Saring dan ambil airnya saja
  2. Rendam potongan kedondong ke dalam air sirih dan diamkan selama 2 jam
  3. Tiriskan potongan kedondong dan cuci bersih.
  4. Rebus gula pasir dan 100 ml air , tambahkan beberapa tetes pewarna kuning. Tunggu sampai mendidih kemudian angkat dari atas api
  5. Masukkan potongan kedondong ke dalam rebusan air gula dan diamkan selama minimal 1×24 jam
  6. Tiriskan potongan kedondong dan jemur dibawah sinar matahari sampai kering
  7. Setelah kering, simpan manisan kedondong dalam wadah tertutup rapat.

CARA MEMBUAT MANISAN KEDONDONG BASAH