CARA MEMBUAT KEMBANG TAHU KUAH JAHE


Resep Kembang Tahu Kuah Jahe Sederhana Spesial Asli Enak. Apa sih kembang tahu?. Kembang tahu atau yuba (bahasa Jepang) adalah produk sampingan proses perebusan kedelai yang diambil dari endapan yang terkumpul di permukaan air perebusan kedelai. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai tofu skin. Fucuk, kembang tahu kering dari Bangka yang lezat lembut dan empuk.

Foto Kembang Tahu Jahe Enak
Gambar Kembang Tahu Kuah Jahe

Kembang tahu kuah jahe enak spesial biasa dijual kering dengan berbagai konsistensi. Berdasarkan kekerasan dan ketebalannya, dikenal di pasaran gohyong (kembang tahu tipis atau ngohiong), kembang tahu batangan, kembang tahu simpul, dan kembang tahu tebal. Jadi kembang tahu itu terdiri dari 2 dua jenis kembang tahu basah dan kembang tahu kering yang banyak dijual di supermarket. Kembang tahu bisa diolah juga sebagai resep makanan bayi istimewa.

Pemanfaatannya biasanya sebagai campuran sup tertentu masakan ala tionghoa cina (chinese food), seperti timlo, atau makanan tumisan seperti sayur resep capcay menggunakan kembang tahu kering nanti akan dibahasa pada artikel selanjutnya. Adapun proses cara pembuatannya adalah sebagai berikut.





RESEP KEMBANG TAHU


BAHAN :
  • 5 gelas susu kedelai asli berwarna putih
  • 1 bungkus agar-agar putih
  • 1/4 kg Gula merah, cairkan
  • 5 ruas jahe, memarkan
  • Garam secukupnya
  • Air putih secukupnya
CARA MEMBUAT KEMBANG TAHU :
  1. Pertama campur susu kedelai beserta agar-agar dan tambahkan sedikit garam. Aduk hingga rata dan tunggu hingga mendidih. Lalu tuang adonan ke loyang yang sudah dibasahi dengan air matang, biarkan hingga dingin dan membeku.
  2. Kedua membuat saus kembang tahu, campurkan gula merah, jahe yang sudah dimemarkan kedalam air, lalu rebus hingga mendidih, angkat, kemudian saring.
  3. Ambil kembang tahu dalam mangkuk dan siram dengan menggunakan saus tadi.
  4. Kembang tahu siap dihidangkan.
Adapun cara pengolahan kembang tahu basah versi lain bisa dengan cara berikut ini dengan dicampur dengan kuah jahe sedap yang manis karena dicampur dengan gula pasir dan gula merah serta wangi dari daun pandan sebagai bahan sirupnya. Makanan kembang tahu jahe ini cocok sekali sebagai hidangan atau sajian menu berbuka puasa pada bulan ramadhan.

RESEP KEMBANG TAHU JAHE


BAHAN :
  • 250 gram kedelai, direndam 4 jam, dibilas bersih
  • 800 ml air panas
  • 2 sendok teh sekau (20 gram), dilarutkan bersama 200 ml air mendidih
BAHAN SIRUP :
  • 200 gram gula merah
  • 50 gram gula pasir
  • 2 lembat daun pandan
  • 1 liter air
  • 150 gram jahe, dimemarkan
CARA PENGOLAHAN KEMBANG TAHU BASAH :
  1. Setelah direndam, buang kulit kacang kedelai. Hasil setelah bersih 1.150 gram.
  2. Blender kedelai dan air lalu saring. Ampasnya diblender dengan air hasil penyaringan tadi.
  3. Setelah lembut, saring kembali. Blender kembali ampasnya dengan air hasil penyaringan. Lakukan 1 kali lagi. Terakhir, saring dengan kain bersih. Buang ampasnya. Ampas yang dibuang 400 gram.
  4. Rebus air kedelai sampai mendidih. Jangan diaduk. Angkat. Aduk sebentar sampai uapnya hilang.
  5. Rebus kembali sampai mendidih. Aduk sampai uap hilang.
  6. Tuangkan air kedelai ke dalam panci berisi larutan sekau. Tutup panci dan biarkan 30 menit.
  7. Didihkan bahan sirup. Saring lalu dinginkan. Sendokkan kembang tahu ke mangkuk lalu sajikan menu berbuka puasa kembang tahu dengan kuah jahe untuk 8 porsi.
Baca juga artikel menarik : Cara Membuat Tahu


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KEMBANG TAHU KUAH JAHE