CARA MEMBUAT RACIKAN KOPI TUBRUK ENAK


Resep Minuman Kopi Tubruk Aceh Nikmat Sederhana Spesial Asli Enak Mantap Banget. Kopi tubruk disukai karena rasanya yang pekat dan pembuatannya mudah. Bahannya hanya kopi bubuk, gula dan air. Tetapi tak bisa asal seduh saja, tahap-tahap penyeduhannya harus juga perlu diperhatikan secara seksama. Menurut Wikipedia Kopi tubruk adalah minuman kopi panas dari Indonesia yang dibuat dengan mendidihkan biji kopi bersama dengan gula. Kopi ini memiliki kesamaan dengan kopi dari Turki dan Yunani dalam hal kepekatannya. Kopi tubruk cukup populer di Pulau Jawa dan Bali. Resep dari kopi tubruk ini dibawa oleh pedagang dari Timur Tengah ke Indonesia. Di Timur Tengah, kopi tubruk ini dikenal sebagai "kopi lumpur. Kopi tubruk merupakan cara termudah dalam menghidangkan kopi. Variasi lain dari kopi tubruk adalah kopi susu yang dibuat dengan menambahkan susu kental manis. Salah satu variasi yang kurang terkenal dari kopi ini adalah yang dicampur dengan jus alpukat. Kopi tubruk ini umumnya diminum bersama dengan pisang goreng. Hal utama yang harus diperhatikan dalam membuat kopi tubruk adalah air yang digunakan haruslah benar-benar panas karena apabila tidak maka akan ada biji kopi yang tersisa.

Di Pulau Jawa dan Bali, Kopi Tubruk cukup populer. Sejarah kopi tubruk ini berasal dari Resep yang dibawa oleh pedagang dari Timur Tengah ke Indonesia. Di Timur Tengah, kopi tubruk disebut dengan kopi lumpur. Untuk membuat kopi tubruk yang benar sangatlah mudah. Variasi lain dari penyajian kopi tubruk adalah dengan menambahkan susu kental manis.

Coffee tubruk umumnya dihidangkan bersama dengan pisang goreng kipas. Hal yang paling penting yang harus diperhatikan dalam membuat kopi tubruk adalah air yang digunakan haruslah benar-benar panas agar tidak ada biji kopi yang tersisa. Ada juga kopi tubruk alternative pake atau pakai seram.

Foto Kopi Tubruk Nikmat
Gambar Kopi Tubruk Pisang Goreng

Lalu Bagaimana cara membuat/menyeduh kopi tubruk yang benar dan menjadi nikmat?

Seorang Barista Trainer bernama Billy dari kedai kopi di kawasan Jakarta Selatan membagikan cara yang tepat dan nikmat dalam membuat kopi tubruk yang benar.
  1. Untuk mendapatkan bubuk kopi (tubruk) yang lebih segar dalam aroma dan rasa, pilihlah kopi yang baru saja digiling
  2. Untuk membuat kopi tubruk, komposisi kopi tubruk harus tepat. Takaran bubuk kopi dalam satu cangkir adalah 12 gram atau sekitar dua sendok teh.
  3. Sebaiknya tidak menggunakan air panas mendidih ketika menyeduh. Cara yang benar adalah dengan menggunakan suhu air yang tidak lebih dari 80 derajat celcius menurut Billy,.
  4. Kemudian campurkan bubuk kopi yang sebelumnya telah disediakan ke dalam cangkir yang berisi 200 mililiter air panas. Diamkan sekitar dua menit tanpa diaduk. Cara ini dilakukan agar kopi dapat terekstrak dengan baik dan mempunyai kualitas rasa yang baik.
  5. Tambahkan gula sesuai selera anda. namun bagi kebanyakan Barista, penambahaan gula pada kopi dianggap sebagai penodaan dalam menikmati kopi. Karena menurut mereka, kenikmatan kopi justru terletak dari rasa asli kopi itu sendiri, kalaupun ingin memberi rasa manis, Anda bisa menambahkannya dengan susu atau krim.






Silahkan ikuti tahapan proses berikut ini agar kopi tubruk jadi nikmat dan sedap.

1. Air Panas mendidih

Kualitas air yang dipakai untuk menyeduh kopi tubruk berpengaruh pada rasa kopi. GUnakan air mineral. Semakin tinggi kadar mineral pada air maka semakin kaya rasa kopi karena ekstraksi yang terjadi. Agar aroma dan rasa kopi lebih kuat, air juga harus terbebas dari kontaminasi, bau dan memiliki tingkat keasaman (pH) antara 6,5 - 7,5. Gunakan air yang benar-benar panas agar ampas kopi tidak mengambang di permukaan.

Namun jangan pakai air mendidih karena kopi akan terekstrak terlalu banyak dan bercitarasa pahit. Air panas yang tepat untuk kopi tubruk bersuhu 90-95 derajat Celcius. Bila tak ada termometer, masak air sampai mendidih lalu matikan api. Tunggu 2-4 menit sampai suhu air turun.

2. Takaran Kopi yang pas

Pakailah rumus dasar 1:15 dimana satu gram kopi bubuk diseduh dengan 15 ml air. Agar aroma dan rasa kopi lebih nikmat, gunakan kopi yang baru digiling. Hasil penggilingannya sedang, tidak terlalu kasar atau halus.

3. Penyeduhan

Tuangkan air panas sebanyak 150 ml ke dalam cangkir berisi sekitar 2 sendok teh kopi (10 gr). Sebaiknya gunakan cangkir berbahan keramik atau kaca agar panas air tidak terserap cangkir. Lalu diamkan kopi selama 3-4 menit tanpa diaduk. Ini dapat membuat rasa kopi lebih mantap.

4. Pengadukan

Setelah didiamkan sesaat, tambahkan gula jika suka. Baru aduk kopi secara perlahan dan searah. Sebaiknya pengadukan dilakukan paling banyak lima putaran. Sebab terlalu lama memutar sendok dapat mempercepat proses penguapan yang membuat kopi cepat dingin.

Sajian kopi tubruk bisa dijadikan sebagai peluang usaha atau sebuah ide usaha yang dapat dikembangkan di daerah atau di kota Anda dimana modalnya tidaklah terlalu besar untuk sebuah kedai kopi dan cemilan pisang goreng dan penikmat serta pecinta kopi ini sangat banyak. Andapun bisa kreasikan dengan aneka kopi lainnya.

Masalah tempat bisa dibuka disekitar perumahan komplek, komplek pertokoan ataupun dipinggir jalan dimana sewa tempat usaha bisa gratis semacam usaha tenda kopi. Cukup buka pada malam hari saja keuntungan sudah lumayan.

Sasarannya adalah para penggemar kopi dan salah satu kopi tubruk instan Indonesia yang cukup terkenal adalah JJ Royal Java Monk Robusta Coffee, Kopi Tubruk Kapal Api, Merk Nescafe, Meulaboh, Kopi Tubruk Aceh, dll.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT RACIKAN KOPI TUBRUK ENAK