CARA MEMBUAT TUMIS PAKCOY TAHU SAUS TIRAM PEDAS MANIS


Resep Tumis Pakcoy Tahu Saus Tiram Pedas Manis Sederhana Spesial Komplit Asli Enak. Pakcoy atau pokcoy adalah sejenis sawi hijau sekelompok tumbuhan dari marga Brassica yang dimanfaatkan daun atau bunganya sebagai bahan pangan (sayuran), baik dikonsumsi segar maupun diolah dengan bahan-bahan lainnya. Sawi mencakup beberapa spesies Brassica yang kadang-kadang mirip antara satu sama lainnya. Sayur ini sulit didapatkan di pasar tradisional, karena biasanya ditanam secara hidroponik, jadi bisa didapatkan di toko sayur hidroponik dan di swalayan supermarket atau hypermart, seperti Matahari Mall, Hero Swalayan, Yogya/Griya Swalayan, Borma, dll.

Foto Kebun Pakcoy Hidroponik Tradisional
Gambar Pakcoy Hidroponik Tradisional

Menurut situs informasi wikipedia Pakcoy/Pak Choi/Pokcoy/phakcoy/Pak Coy atau Brassica Chinensis adalah sayuran hijau green yang masih berkeluarga dengan Brassicaceae. Sayuran Pak Choy ini masih satu golongan dengan sawi dan sering sekali disebut dengan berbagai nama seperti sawi sendok, sawi manis atau sawi daging karena memiliki pangkal sayur yang tebal dan lembut seperti halnya daging. Sayuran ini biasanya digunakan dalam bahan sup atau penghias makanan modern master chef di hotel bintang 5.

ASAL USUL SEJARAH

Pada mula awalnya, sayuran ini sangat populer di kawasan China namun kemudian menyebar ke berbagai negara salah satunya Indonesia sebagai bahan untuk membuat masakan yang lezat. Saat ini masakan yang berasal dari Sayuran Pak Choy tidak hanya didominasi oleh warga yang berasal dari Cina namun orang Indonesia dan negara lainnya juga mulai menyukainya mengingat lezat dan bermanfaatnya sayuran ini.

Sedangkan, di Indonesia penyebutan sawi biasanya mengacu pada sawi hijau (Brassica rapa kelompok parachinensis, yang disebut juga sawi bakso, caisim, atau caisin). Selain itu, terdapat pula sawi putih (Brassica rapa kelompok pekinensis, disebut juga petsai) yang biasa dibuat sup atau diolah menjadi asinan. Jenis lain yang kadang-kadang disebut sebagai sawi hijau adalah sesawi sayur (untuk membedakannya dengan caisim). Kailan (Brassica oleracea kelompok alboglabra) adalah sejenis sayuran daun lain yang agak berbeda, karena daunnya lebih tebal dan lebih cocok menjadi bahan campuran mi goreng. Sawi sendok (pakcoy atau bok choy) merupakan jenis sayuran daun kerabat sawi yang mulai dikenal pula dalam dunia tata boga Indonesia.

Bahan Campuran sayur tumis pokcoy bisa menggunakan tahu putih, Tofu, udang, daging cincang, jamur, bawang putih, saos tiram, saus kepiting, daging, daging ayam, dll. Begitu juga soal rasa sensasi pedas boleh tambahkan potongan cabe rawit atau cabai merah pedas, maupun pake sambal super pedas hot. Berikut resep lengkap masak tumis bok choi silahkan bikin sendiri di rumah.





RESEP TUMIS PAKCOY TAHU SAUS TIRAM


Foto Tumis Pokcoy Sedap
Gambar Tumis Sayur Pakcoy Saus Tiram Pakai Tahu/Tofu

BAHAN :
  • 2 ikat sayur pakcoy, cuci bersih, iris
  • 2 Tahu, potong-potong kotak (boleh tahu kuning atau tahu putih)
  • 1 butir bawang bombay, iris halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap manis cap bango
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 sdm maizena, larutkan dengan 50 cc air
  • 2 gelas air bersih
CARA MEMASAK TUMIS PAKCOY SAUS TIRAM :
  1. Gorenglah tahu putih atau tofu sebentar, tiriskan.
  2. Siapkan wajan panas yang sudah dituangi minyak goreng secukupnya untuk menumis.
  3. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan, potongan bawang bombay sampai agak layu.
  4. Tambahkan pakcoy, bumbu saus tiram, kecap manis bango, air, garam, dan merica.
  5. Aduk, ambil 1 sdm ke dalam larutan tepung maizena, tuangkan larutan maizena ke dalam wajan penggorengan.
  6. Aduk lagi hingga mengental sampai masak, angkat.
  7. Sajikan selagi panas Coi.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT TUMIS PAKCOY TAHU SAUS TIRAM PEDAS MANIS