CARA MEMBUAT PUDING COKLAT SUSU KENTAL MANIS


Resep Puding Coklat Susu Kental Manis Sederhana Spesial Tanpa Vla Lembut dan Empuk Asli Enak. Puding termasuk penganan dessert paling diminati sebagai untuk makanan penutup atau sebagai makanan pencuci mulut yang lezat dan menyegarkan, tapi sekarang dimakan langsung juga lezat, sebagai bekal anak sekolah juga ok. Aneka kreasi olahan pudding sederhana pun beraneka ragam namun yang populer yaitu puding coklat susu kental manis atau menggunakan saus fla. Nanti puding cokelat susu dengan saus fla spesial akan kita bahas di tulisan resep selanjutnya.

Foto Puding Coklat Pakai Susu Asli Enak
Gambar Puding Coklat Susu Kental Manis

Menurut situs Wikipedia puding adalah nama untuk berbagai hidangan penutup yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang. Istilah puding juga dipakai untuk berbagai jenis pai berisi lemak hewan, daging, atau buah-buahan yang dipanggang.

Puding dengan bahan baku susu (yogurt) istimewa, tepung maizena, tapioka, atau telur dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu. Puding seperti ini rasanya manis dengan perisa coklat, karamel, vanila, atau buah-buahan. Puding agar-agar dibuat dengan mencampur agar-agar bersama susu, tepung maizena, atau telur kocok. Puding agar-agar sering dihidangkan dengan saus yang disebut vla. Tepung puding instan memudahkan orang membuat puding karena hanya perlu dicampur susu atau air panas.

Di Indonesia terdapat berbagai jenis puding rasa tradisional yang memakai kelapa muda, gula merah, santan, tapai ketan hitam, atau campuran daun suji dan daun pandan. Buah-buahan yang dipakai untuk puding misalnya: jeruk, nanas, sirsak, mangga, atau markisa.

Jenis - Jenis Puding Komplit

Berdasarkan bahan dan cara memasaknya, puding terdiri dari dua jenis :

  • Puding dengan bahan pengental seperti agar-agar, gelatin atau tepung maizena yang dibuat dengan merebus bahan-bahan hingga mendidih.
  • Puding berbahan baku telur dan tepung terigu atau tepung beras yang dimasak dengan cara memanggang, mengukus, atau merebus.
  • Puding roti dengan bahan baku roti tawar merupakan salah satu contoh puding yang dikukus atau dipanggang. Trifle adalah nama untuk puding yang tidak dimasak, dibuat dari kue chiffon yang disusun berlapis-lapis dengan selai sebagai perekat dan ditutup dengan krim kocok. Ada pula jenis puding busa yang menggunakan putih telur.
  • Puding yang dipanggang atau dikukus sering terlihat mirip kue bolu tapi lebih lembap dan mudah hancur. Puding yang dipanggang atau dikukus menghasilkan potongan yang rapi seperti halnya potongan kue bolu. Sewaktu hendak dihidangkan, puding jenis ini dipotong dengan spatula atau sendok besar.

Sejarah Asal Usul Puding

Puding berasal dari bahasa Perancis, boudin yang berarti "sosis darah", dari bahasa Latin, botellus yang berarti "sosis kecil". Istilah pudding digunakan Eropa abad pertengahan untuk hidangan dari daging yang dibungkus.

Tidak semua puding rasanya manis, suet pudding (puding lemak) adalah jenis puding yang berisi daging sapi yang dibungkus adonan pai dari tepung terigu bercampur lemak domba atau lemak sapi.

Di Britania Raya, istilah pudding sering digunakan untuk hidangan penutup yang dibuat dari telur dan tepung, serta dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang.

Sementara saya share resep puding coklat susu pakai susu kental manis untuk kombinasi susu yang lain seperti, susu ultra, susu cup, susu cair, susu bubuk, oreo, nutrijell, agar agar, dll akan ditambahkan secara lengkap disini dengan tips cara mudah dan praktis bikin sendiri di rumah. Berikut resep lengkap puding coklat susu kental manis yang termasuk aneka kreasi olahan puding paling sederhana dan paling mudah dibuat walaupun tidak pintar memasak.





RESEP PUDING COKLAT SUSU KENTAL MANIS


BAHAN :
  • 4 bungkus agar-agar putih atau nutrijell
  • 45 gram coklat bubuk
  • 1 kaleng susu kental manis coklat atau putih
  • 350 gram gula pasir, sesuai selera
  • Garam sedikit, ala kadarnya
CARA MEMBUAT PUDING COKLAT SUSU KENTAL MANIS :
  1. Aduk rata susu kental manis, coklat bubuk, gula dan garam
  2. Setelah campuran bahan diatas rata baru taruh diatas api, masak sampai matang / mendidih
  3. Matikan api, aduk adonan agar-agar sampai uap hilang (hangat kuku),
  4. Tuang ke dalam cetakan sambil disaring biar puding jadinya halus.
  5. Diamkan sebentar diangin-anginkan setelah dingin simpan di kulkas supaya segar.
  6. Sajikan dalam keadaan dingin lebih mantap.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT PUDING COKLAT SUSU KENTAL MANIS